sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Seoul uji coba robot mini di taman bermain

Robot ini bisa menari, mengajak bernyanyi bersama, membacakan cerita, dan bahkan mengajari gerakan-gerakan kungfu.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Sabtu, 04 Des 2021 09:38 WIB
Seoul uji coba robot mini di taman bermain

Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan, mulai melakukan uji coba penggunaan robot mini di taman bermain. Robot ini berfungsi untuk menjadi alat bantu mengajar, sekaligus sebuah proyek percontohan yang akan mempersiapkan generasi muda monyongsong masa depan yang makin riuh dengan teknologi.

Seperti ditulis VOA, Jumat (3/12), robot yang disebut Alpha Mini ini hanya bertinggi 24,5 sentimeter. Dia bisa menari, mengajak bernyanyi bersama, membacakan cerita, dan bahkan mengajari gerakan-gerakan kungfu, sementara anak-anak meniru gerakan push up-nya dan berdiri seimbang dengan satu kaki.

Robot-robot di sana dapat mengedipkan mata. Pupil mata robot itu akan berbentuk seperti hati selama terlibat dalam percakapan. Dengan kamera yang terletak di helmnya, Alpha Mini dapat mengambil foto yang langsung dikirim ke sebuah komputer tablet untuk dilihat anak-anak.

Seorang guru di kelompok bermain Maru di Seoul, Byun Seo-yeon, mengatakan robot-robot ini sangat membantu karena kadang-kadang guru kesulitan untuk membacakan dongeng bagi semua anak. Robot ini dapat membacakan dongeng dengan cara yang sangat menghibur, dengan mengubah-ubah suara sesuai ceritanya. Robot melatih kreativitas murid dengan memberi kesempatan anak-anak mengoperasikannya dan ikut dalam berbagai aktivitas bersama-sama.

Sponsored

Robot-robot Alpha Mini diuji coba di 300 kelompok bermain anak dan tempat penitipan anak di Seoul. Pemerintah kota merekomendasikan program itu untuk anak-anak berusia tiga hingga lima tahun. Alpha Mini telah diadopsi sebagai bagian dari jadwal harian bagi kelas berisikan anak-anak usia empat hingga lima tahun di Maru, dengan kemampuannya untuk buang angin sesuai perintah yang menjadi perhatian selama waktu bermain.

Seorang siswa berusia lima tahun, Lee Ga-yoon, mengemukakan, ketika dirinya mengatakan pada robot untuk menyanyi, robot ini menyanyi dengan baik. Ketika dia mengatakan menari bersama, maka Ga-yoon dan robot akan melakukannya.

 

Sumber : VOA

Berita Lainnya