sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Serangan Israel tewaskan komandan Jihad Islam Palestina

Baha Abu Al-Atta tewas di rumahnya dalam serangan yang dilancarkan Israel pada Selasa (12/11).

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Selasa, 12 Nov 2019 14:17 WIB
Serangan Israel tewaskan komandan Jihad Islam Palestina

Israel menewaskan seorang komandan kelompok militan Jihad Islam Palestina dalam serangan yang terjadi di Jalur Gaza pada Selasa (12/11). Kelompok militan itu disebut didukung oleh Iran.

Pembunuhan terhadap Baha Abu Al-Atta di rumahnya dinilai akan menimbulkan tantangan baru bagi faksi Hamas yang berkuasa di Gaza, yang sebagian besar berusaha mempertahankan gencatan senjata dengan Israel sejak perang 2014.

Israel meningkatkan ketegangan di Gaza sebagai bagian dari kebijakan yang lebih luas untuk menghajar Iran. 

Menurut Jihad Islam, istri Al-Atta juga tewas dalam ledakan yang menghancurkan gedung di Distrik Shejaia, Gaza, sebelum fajar. Dua orang lainnya disebut terluka.

Tidak lama setelah itu, gerilyawan Palestina meluncurkan roket ke Israel, membunyikan sirene hingga ke Kota Ashdod.

Video yang beredar di media sosial, yang belum bisa diverifikasi, menunjukkan intersep roket di udara oleh sistem pertahanan udara Israel Iron Dome. Tidak ada korban atau kerusakan yang dilaporkan.

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel menuturkan bahwa PM Netanyahu telah mengesahkan operasi yang menargetkan Atta. Dia dituduh bertanggung jawab atas serangan roket, drone dan sniper baru-baru ini terhadap Israel serta mencoba infiltrasi ke negara itu.

"Abu Al-Atta bertanggung jawab atas sebagian besar aktivitas Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza dan dia bak bom yang berdetak," sebut militer Israel, menuduh Atta merencanakan serangan teror yang akan datang lewat berbagai cara.

Sponsored

Kelompok Jihad Islam mengonfirmasi kematian Atta, yang mereka sebut tengah melakukan aksi jihad yang heroik.

"Pembalasan yang tidak terhindarkan dari kami akan mengguncang entitas zionis," ungkap pernyataan Israel. 

Secara terpisah, Hamas mengatakan Israel memikul tanggung jawab penuh untuk semua konsekuensi dari eskalasi ini. Hamas berjanji bahwa kematian Atta tidak akan dibiarkan begitu saja.

Jihad Islam berbagi komitmen ideologis Hamas atas kehancuran Israel. Tapi tidak seperti Hamas, kelompok itu sering terlibat dalam upaya gagal yang dipimpin Mesir untuk menempa gencatan senjata dengan Israel.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya