sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump kirim ucapan selamat ulang tahun untuk Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diyakini lahir pada 8 Januari 1984.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 10 Jan 2020 20:38 WIB
Trump kirim ucapan selamat ulang tahun untuk Kim Jong-un
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 248852
Dirawat 57796
Meninggal 9677
Sembuh 180797

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengirim pesan selamat ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Demikian disampaikan penasihat keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-Yong pada Jumat (10/1).

Chung, yang bertemu Trump di Washington pekan ini, mengatakan kepada awak media bahwa dia dititipkan pesan untuk diberikan kepada Korea Utara. Dan pesan itu telah disampaikannya pada Kamis (9/1).

"Hari di mana kami bertemu adalah ulang tahun Kim Jong-un, dan Presiden Trump ingat soal itu. Dia meminta saya untuk menyampaikan pesan," kata Chung setibanya dia di Korea Selatan.

Kim Jong-un diyakini lahir pada 8 Januari 1984, namun rezim Korea Utara sendiri tidak pernah mengonfirmasi itu. 

Chung tidak merinci apakah Trump mengirim pesan tertulis atau apakah pesan itu memuat hal lain di luar ucapan selamat ulang tahun.

Pada Rabu (8/1), Chung juga bertemu dengan utusan khusus AS untuk Korea Utara Stephen Biegun dan menegaskan kembali koordinasi AS-Korea Selatan terkait Korea Utara. 

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus, Chung dan Biegun juga membahas peristiwa terkini di Timur Tengah dan koordinasi kedua negara terkait keamanan global.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha dijadwalkan akan bertatap muka dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di California pekan depan bersama dengan mitra mereka, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. Relasi Korea Selatan dan Korea Utara disebut akan menjadi agenda utama.

Sponsored

Sebelumnya pada Selasa (7/1), Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan ada kebutuhan mendesak akan cara-cara yang praktis untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Utara. Dia menambahkan bahwa dirinya siap untuk bertemu dengan Kim Jong-un. (VOA)

Berita Lainnya