sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Viral, pria Yaman badal umrah untuk Ratu Elizabeth II ditangkap

Dalam video yang viral, Pria yang melakukan badal umrah untuk Ratu Elizabeth II itu berdiri dengan baju ihram sambil memegang poster.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 13 Sep 2022 18:48 WIB
Viral, pria Yaman badal umrah untuk Ratu Elizabeth II ditangkap

Seorang pria, mungkin karena saking cintanya dengan Ratu Elizebeth II, dia melakukan badal umrah untuk pemegang takthta kerajaan Inggris yang baru wafat itu. Videonya viral, dan imbasnya ia ditangkap polisi Arab Saudi, Senin (12/9).

Mendedikasikan ibadah umrah untuk orang lain (yang sudah tidak mampu fisiknya karena sakit yang kemungkinan besar tidak bisa sembuh, orang yang sudah meninggal), dalam Islam disebut badal umrah.

Dalam video yang viral, Pria yang melakukan badal umrah untuk Ratu Elizabeth II itu berdiri dengan baju ihram sambil memegang poster tulisan arab.

"Umrah untuk jiwa Ratu Elizabeth II, kami meminta Allah untuk menerimanya di surga dan di antara orang-orang yang saleh.”

Badan Keamanan Publik Saudi mengatakan di Twitter bahwa warga Yaman tersebut ditangkap karena melanggar aturan umrah dengan membawa tanda setelah dia memposting video dirinya selama ziarah dengan spanduk tersebut. Ia menambahkan bahwa dia telah dirujuk ke penuntut umum untuk penyelidikan.

Penangkapan itu terjadi setelah kritik dilontarkan terhadap warga negara Yaman di media sosial setelah videonya menjadi viral. Hukum Islam mengizinkan umat Islam untuk melakukan ziarah umrah atas nama Muslim yang telah meninggal tetapi bukan orang-orang dari agama lain.

Ratu Elizabeth, yang meninggal pada hari Kamis dalam usia 96 tahun, adalah seorang Kristen yang taat yang juga menjabat sebagai gubernur tertinggi Gereja Inggris.

Seorang cendekiawan Mesir Al-Azhar, salah satu universitas pendidikan Islam paling bergengsi di dunia, membuat komentar dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi pro-pemerintah pada hari Senin mengecam pria Yaman itu karena melakukan "tindakan tidak Islami".

Sponsored

"Mendiang Ratu Elizabeth II tidak harus melakukan haji atau umrah karena dia bukan seorang Muslim," kata ulama, Ashraf al-Najjar, kepada TeN TV.

“Haji dan Umrah adalah untuk umat Islam,” katanya. "Islam telah menetapkan Mekah dan Madinah hanya untuk umat Islam untuk mengadakan ritual ini, jadi tidak diperbolehkan bagi non-Muslim untuk memasukinya." (middleeasteye.net)

Berita Lainnya
×
tekid