sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan kenyang

Beberapa kebiasaan menyenangkan untuk dilakukan setelah makan berat, tetapi ternyata sebaiknya dihindari.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 14 Sep 2021 12:49 WIB
 5 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan kenyang

Seringkali, setelah makan penuh, orang secara alami merasa mengantuk. Pada akhir pekan, dan tidak ada agenda, kondisi ini adalah godaan berat untuk tidak tidur setelah makan siang. 

Sementara, para perokok suka langsung mengepul setelah makan. Yang lain suka minum secangkir teh karena berpikir itu akan membantu mereka mencerna makanan. Banyak dari kebiasaan ini lebih merugikan Anda daripada kebaikan.

Berikut adalah 5 hal yang harus Anda hindari segera setelah makan penuh:

Tidak tidur
Orang yang tidur setelah makan siang bangun dengan kondisi perut masih merasa kenyang dari makan. Makanannya belum dicerna sama sekali! Tidur siang segera setelah makan juga tidak membuat rileks.

Dilarang Merokok
Dikatakan bahwa merokok setelah makan sama dengan merokok 10 batang rokok. Tidak peduli seberapa benar atau salahnya hal ini, merokok berbahaya bagi tubuh Anda dan bagaimanapun Anda tidak boleh merokok.

Tidak mandi
Mandi setelah makan menunda pencernaan. Darah di sekitar perut mengalir ke bagian tubuh lain saat mandi alih-alih membantu pencernaan.

Tidak ada buah-buahan
Makanan yang berbeda dicerna dengan kecepatan yang berbeda. Makanlah buah-buahan terlebih dahulu karena paling mudah dicerna. Buah harus dimakan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Buah-buahan tidak akan dicerna dengan baik jika Anda memakannya langsung setelah makan.

Tidak ada teh
Daun teh bersifat asam dan akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika Anda mengonsumsi protein dalam makanan, asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein, sehingga sulit untuk dicerna. Minum teh segera setelah makan juga akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Hindari teh satu jam sebelum dan sesudah makan.(healthxchange)

Sponsored
Berita Lainnya