sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia Menari kembali mengajak masyarakat untuk menari bersama

Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan Indonesia Kaya yang dimulai sejak 2012.

Silvia Ng
Silvia Ng Jumat, 13 Agst 2021 08:03 WIB
Indonesia Menari kembali mengajak masyarakat untuk menari bersama

Indonesia Kaya, melalui lamannya www.indonesiakaya.com kembali menghadirkan Indoneisa Menari yang mengajak masyarakat untuk selangkah lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia yang dikemas secara modern.

Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan Indonesia Kaya yang dimulai sejak 2012. Pada 2019, Indonesia Menari sukses dilaksanakan serentak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Namun, pandemi yang melanda membuat kegiatan tahunan ini harus dibatalkan pada 2020. Kali ini, penikmat seni dan pecinta tari dapat turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang akan kembali diselenggarakan, tetapi secara virtual.

Program Director laman Indonesia Kaya Renitasari Adrian mengatakan, selama penyelenggaraan Indonesia Menari, timnya melihat besarnya antusias masyarakat di berbagai daerah untuk mengikuti kegiatan ini.

“Berangkat dari hal tersebut, kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat terhadap kegiatan yang biasanya rutin untuk diselenggarakan setiap tahun dan hanya di beberapa kota besar di Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8).

Renitasari berharap dengan diselenggarakannya Indonesia Menari secara virtual, akan lebih banyak penikmat seni dan pecinta tari yang baru dari berbagai daerah untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dari rumahnya masing-masing.

Indonesia Menari Virtual 2021 ini menggandeng tiga koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi yaitu  Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang menambah keunikan penyelenggaraan tahun ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk #DiRumahAja, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Indonesia Kaya menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia untuk mengikuti kegiatan Indonesia Menari. Para peserta akan menunjukkan kemampuan mereka untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah, persembahan Indonesia Kaya.

Sponsored

Seperti tahun sebelumnya, Indonesia Menari kali ini juga terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi final, dan final. Penikmat seni dan pecinta tari yang tertarik untuk mengikuti Indonesia Menari dapat mengikuti rangkaian Indonesia Menari Virtual 2021 mulai 1 September-10 Oktober 2021.

Koreografer Didik Nini Thowok mengungkapkan, menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021 ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, terlebih berkolaborasi dengan dua koreografer lainnya yang berasal dari generasi berbeda-beda.

“Kami berupaya untuk menciptakan dan memadukan gerakan dalam genre tarian kami masing-masing dan bertemu secara langsung di Jakarta pada awal 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat, untuk memadukan tiap koreografi yang kami ciptakan, agar menjadi satu tarian yang tentunya Indah, dan mudah untuk diikuti oleh siapa saja. Semoga perpaduan karya kami dapat menjadi tarian yang diminati oleh masyarakat. Tunggu apa lagi, yuk buat videonya, daftarkan dirimu dan mari menari!” ungkap Didik.

Selain menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021, Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura, yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia seni pertunjukan, juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. Ketiganya akan memadukan tiga genre tarian, yaitu tradisional, kontemporer, dan juga modern yang berdurasi 1 menit. 

Sebanyak lima lagu daerah, yaitu Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan) yang akan diaransemen oleh Eka Gustiwana yang juga akan mewarnai babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021.

Penikmat seni maupun pecinta tari yang tertarik dapat langsung mengunggah video di Instagram dan  mendaftarkan diri di www.indonesiakaya.com, berikut adalah kategori peserta perorangan dan periode waktu untuk ikut berpartisipasi dalam babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021: 

a. Kategori A: Usia 19 tahun ke atas (1-5 September 2021)   
b. Kategori B: Usia 13 tahun-18 tahun (8-12 September 2021)  
c.Kategori C: Usia 6 tahun-12 tahun (15-19 September 2021)

Dalam babak penyisihan ini, para peserta dapat menarikan koreografi yang dapat dilihat melalui situs maupun kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 12 Agustus 2021, kemudian mengunggah rekaman tarian sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Dalam babak penyisihan ini para peserta juga diwajibkan untuk mencantumkan tagar #MenariDiRumahAja, #IndonesiaMenariVirtual2021 dan tagar sesuai kategori; #IMVKatA (kategori A) atau  #IMVKatB (kategori B) atau #IMVKatC (kategori C). Selain menuliskan tagar, para peserta juga diwajibkan untuk menuliskan Nama Lengkap, Kategori, Asal Provinsi sesuai dengan yang dituliskan pada formulir pendaftaran, dan  kalimat ‘Cinta Budaya, Cinta Indonesia’.

Untuk kostum, peserta dapat mengenakan pakaian bertemakan Etnik Modern, kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern yang nyaman dipakai, tanpa mengganggu  gerak, dan tanpa properti tari. 

Setelah mengikuti babak penyisihan untuk diberi penilaian dari tim juri Indonesia Kaya, 100 peserta yang beruntung dari masing-masing kategori dapat mengikuti babak semifinal pada 25 -29 September 2021. Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke-8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke-3.

Berita Lainnya

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid