sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Krisis iklim picu kecemasan, begini cara mengatasinya

Salah satu cara terbaik untuk meredakan kecemasan akibat krisis iklim adalah dengan mencari support group atau kelompok pendukung.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 06 Apr 2022 17:25 WIB
Krisis iklim picu kecemasan, begini cara mengatasinya

Memang benar jika krisis iklim akan menimbulkan kecemasan bagi manusia. Penyebabnya adalah kondisi lingkungan yang makin buruk, tidak terprediksi, dan berlangsung terus-menerus. Hal-hal ini sangat wajar jika membuat manusia merasakan kecemasan.

Cara terbaik untuk mengelola kecemasan akibat krisis iklim adalah dengan mengenali kecemasan tersebut. Setiap manusia juga seharusnya bersifat proaktif dan memikirkan cara untuk memperlambat proses krisis iklim yang tidak lagi bisa dihindari.

Media kesehatan Well and Good menjelaskan, bahwa kecemasan pengalaman tidak nyaman dan mendorong penderitanya untuk menghindar. Namun, semakin tidak diakui, kecemasan justru bakal makin terasa lebih besar. Jadi dengan mengakui adanya kecemasan akibat perubahan iklim, kita memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi perasaan yang mendasarinya.

Setelah mengakui kecemasan akibat krisis iklim, untuk apa dan mengapa hal itu menjadi masalah, langkah selanjutnya akan menolong kita sembuh dari kecemasan dan gangguan kesehatan mental lain. Dalam hal ini bukan berarti tidak boleh merasa cemas, namun yang harus diatasi adalah kecemasan yang berlebihan. Kecemasan akibat krisis iklim bisa ditangani layaknya menangani kecemasan lain.

Pekerja LSM yang bergerak di sektor krisis iklim di Amerika Serikat Prosperity Haven, Kassondra Glenn, menyebutkan salah satu cara terbaik untuk meredakan kecemasan akibat krisis iklim adalah dengan mencari support group atau kelompok pendukung.

"Jangkau koneksi, karena kesehatan mental cenderung memburuk ketika kita terisolasi, di mana jika kita tidak memiliki ruang untuk mengekspresikan kecemasan kita dan semua yang mendasarinya, itu bisa menjadi lebih buruk," kata Glenn.

Koneksi dapat dilakukan dengan berbicara dengan teman-teman dekat yang tepercaya, bertemu dengan orang lain yang memiliki minat atau kecemasan yang sama seputar krisis iklim, serta melihat seorang profesional kesehatan mental untuk membahas bagaimana mengelola kecemasan dan gejala perubahan iklim.

Ini juga membantu untuk berlatih teknik grounding. "Pada saat-saat di mana kewalahan tinggi, penting juga untuk memiliki teknik untuk pengaturan sistem saraf di tangan, yang dapat terlihat seperti meditasi, perhatian atau keterampilan mengatasinya," kata Glenn.

Sponsored

Untuk mengatasi hal ini Glenn merekomendasikan teknik mindfulness. Para penderita gangguan kecemasan bisa melakukan meditasi atau latihan pernapasan.

Berita Lainnya