logo alinea.id logo alinea.id

Solusi atasi banjir Jakarta

Selain macet, banjir merupakan masalah klasik yang kerap menghantui warga Jakarta bila curah hujan tinggi.

Akbar Persada Nanda Aria Putra Robertus Rony Setiawan
Akbar Persada | Nanda Aria Putra | Robertus Rony Setiawan Kamis, 09 Mei 2019 15:59 WIB
Solusi atasi banjir Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur, banjir di beberapa titik di Jakarta tak separah pada 2015. Saat itu, 230.000 warga terpaksa mengungsi. Anies melontarkan hal itu, dengan alasan warga yang mengungsi sejak Jumat (26/4), sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Kemarin 1.600 orang (mengungsi), kenapa terjadi, karena volume air dari hulu tidak dikendalikan," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Senin (29/4).

Anies menambahkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, air di titik-titik banjir akibat luapan Sungai Ciliwung juga sudah surut. “Kini tinggal empat titik (banjir),” kata Anies. “Artinya, air surutnya sudah lebih cepat, dan masyarakat (terdampak) bisa kembali beraktivitas.”

Anies pun mengaku bisa bernapas lega lantaran kondisi air laut di hilir Sungai Ciliwung tak pasang, ketika Jakarta dilanda banjir kiriman dari hulu Sungai Ciliwung di Bogor, Jawa Barat.

Sponsored

"Tapi bila air dari hulu jumlahnya banyak, lalu air di laut pasang, maka Jakarta bisa terendam, dan Alhamdulillah kita kemarin terhindar dari itu," ujarnya.

Banjir kiriman sering dituding menjadi penyebab banjir di Jakarta.

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB