sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Langganan dan iklan memainkan peran besar untuk membiayai jurnalisme

Industri jurnalisme telah mengawasi banyak hal dan juga menghadapi banyak rintangan dalam beberapa tahun terakhir.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 20 Jan 2022 22:21 WIB
Langganan dan iklan memainkan peran besar untuk membiayai jurnalisme

Jurnalisme merupakan industri yang sangat berperan penting dalam membentuk suatu negara. Suatu negara dikenal dan diwakili oleh medianya dan jika suatu negara memiliki media yang bebas dan tidak memiliki batasan apapun, maka media negara tersebut akan menghasilkan salah satu kualitas konten terbaik.

Industri jurnalisme telah mengawasi banyak hal dan juga menghadapi banyak rintangan dalam beberapa tahun terakhir. Rintangan dan pertumbuhan ini agak mengubah cara para jurnalis mempraktikkan jurnalisme dan juga mempengaruhi pengikut dan pembaca mereka.

Seperti yang diketahui bersama bahwa era ini dikenal sebagai “Era Digital”, kita telah melihat banyak hal bertransisi dari satu ke yang lain. Orang-orang sudah mulai bekerja dari rumah atau bekerja dari tempat yang jauh atau mereka mengambil pekerjaan lepas sebagai profesi. Hal yang sama berlaku untuk jurnalisme karena banyak orang telah beralih dari surat kabar ke saluran TV dan langganan.

Sementara kita membahas tentang jurnalisme, mari kita bahas bagaimana langganan dan iklan memainkan perannya menjadi sumber pendapatan bagi jurnalis dan agensi. Kami tahu bahwa agensi dan saluran berita menemukan sponsor dan perusahaan yang ingin yang bersedia membayar sejumlah uang untuk beriklan. Dengan begitu, mereka dapat menutupi sebagian biaya produksinya.

Sama seperti iklan bersponsor, saluran media bahkan menyediakan layanan seperti langganan dan peringatan teks. Hal-hal ini bekerja sedemikian rupa sehingga mereka memberikan akses kepada konsumen atau pelanggan mereka ke semua saluran premium mereka yang memiliki semua berita dan pembaruan termutakhir. Demikian pula, mereka menawarkan layanan peringatan teks di mana mereka memberi tahu pelanggan mereka tentang berita hangat atau kontroversi yang sedang tren di media sosial.

Sementara eCcommerce, acara, dan penggalangan dana adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan dana untuk jurnalisme, akan sangat sulit pada tahun 2022 untuk mengumpulkan uang jika seseorang menggunakannya. Ketika Covid-19 dan varian Omicron menyebar ke seluruh dunia lagi, tampaknya cukup jelas bahwa pertemuan dan acara publik akan dilarang karena orang-orang akan menghindari pergi ke pertemuan publik.

Kita semua tahu bahwa karena Covid-19, perusahaan mengalami kerugian dan karena kerugian ini, orang-orang di-PHK. Sama seperti industri lainnya, jurnalisme juga menghadapi masalah yang sama dan banyak jurnalis di-PHK karena perusahaan tidak mampu membayar mereka sewaktu Covid-19 sedang memuncak dan bisnis turun.

Sebuah survei dilakukan oleh Reuters Institute for Study of Journalism, yang menunjukkan bahwa banyak pimpinan media dan agensi memiliki rencana dan strategi yang melibatkan model berbasis langganan yang memungkinkan mereka melewati gelombang lain dari virus mematikan ini.

Sponsored

Karena masa depan tampaknya tidak pasti bagi semua orang, jurnalisme akan menjadi industri yang terasa akan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Karena orang-orang akan menahan diri untuk tidak keluar, mereka akan membeli lebih banyak langganan dan dengan demikian meningkatkan pendapatan untuk agensi dan saluran berita.

Berita Lainnya
×
tekid