sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Alinea.id sabet juara 1 dan 3 kompetisi jurnalistik TaniHub

Pengumuman disampaikan saat Hari Tani Nasional, 24 September.

Fajar Yusuf Rasdianto
Fajar Yusuf Rasdianto Kamis, 24 Sep 2020 22:08 WIB
Alinea.id sabet juara 1 dan 3 kompetisi jurnalistik TaniHub
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Alinea.id berhasil menyabet dua penghargaan dalam ajang writing competition yang diselenggarakan TaniHub Group. Fajar Yusuf Rasdianto penulis berita-berita mendalam di Alinea.id berhasil meraih juara pertama berkat artikelnya yang berjudul "Menarik Minat Milenial Terjun ke Pertanian".

Dalam artikel ini, Fajar menceritakan bagaimana minimnya minat anak muda untuk terjun ke industri pertanian. Dia mencoba memaparkan data dari sejumlah institusi untuk membuktikan bagaimana urgensi regeneri petani sebetulnya amat dibutuhkan.

"Ide awalnya adalah data Kementan (Kementarian Pertanian) soal usia petani yang lebih didominasi oleh kalangan tua," kata Fajar, Kamis (24/9).

Selain Fajar, reporter Alinea.id lainnya juga turut mendapatkan penghargaan di ajang writing competition ini. Syah Deva Ammurabi spesialis berita-berita agrikultural di Alinea.id, berhasil meraih juara ke-3.

Latar belakang Deva, begitu ia akrab disapa, sebagai sarjana pertanian di Institut Pertanian Bogor membuat naskah-naskah hasil kreasinya terkait pertanian selalu bernas dan elegan. Berkat artikelnya yang berjudul "Mampukah Bisnis Pertanian Ambil Peluang di Era Pandemi?", Deva berhasil mengalahkan sejumlah nama jurnalis lain dari media besar dan duduk di posisi ke-3.

Di samping Deva, ada pula nama-nama jurnalis lainnya yang turut menjadi juara. Marsya Nabila, reporter Daily Social menjadi juara 2 dengan artikelnya yang berjudul "Kredit Pertanian: Disukai Namun Disegani".

Selanjutnya ada juga nama jurnalis dari The Jakarta Post, Made Anthony Iswara yang meraih juara harapan 1 dengan artikelnya "A Land Without Farmer Indonesia's Agricultural Conondrum". Terakhir, ada reporter CNN Indonesia, Christina Andhika Setyanti yang menyabet juara harapan 2 dengan artikel "Menabur Benih Persahabatan Petani dan Dunia Digital".

Penghargaan ini diberikan TaniHub Group dalam malam perayaan Hari Ulang Tahun TaniHub Group yang dilaksanakan secara luring. Siaran ulang atas pemberian penghargaan ini kembali ditayangkan oleh TaniHub melalui akun YouTube resminya bertepatan dengan Hari Tani Nasional, Kamis (24/9).

Sponsored

Dalam keterengan resminya, TaniHub berharap agar ajang penghargaan ini dapat memberikan inspirasi bagi seluruh insan media untuk bisa terus bersama-sama mengembangkan sektor pertanian. Ajang ini akan kembali diselenggarakan TaniHub sebagai komitmen perusahaan untuk terus mendorong inklusivitas sektor pertanian di masa mendatang.

"Apresiasi kami tidak akan berhenti sampai di sini. TaniHub Group akan secara reguler mengadakan kegiatan kompetisi seperti ini," tulis Manajemen Tanihub.

Berita Lainnya