sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tabloid berhenti terbit, pengamat: Senjakala format cetak

Pangkalnya, format media cetak dan model bisnisnya makin tidak relevan di era digital.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 21 Des 2022 16:53 WIB
Tabloid berhenti terbit, pengamat: Senjakala format cetak

Pengamat media sosial Enda Nasution menilai, penghentian penerbitan Tabloid Nova dan sejumlah majalah milik Kompas Gramedia (KG Media) tak bisa dielakan. Pangkalnya, format media cetak dan model bisnisnya makin tidak relevan di era digital.

Menurut Enda, senjakala media cetak sudah berlangsung lama, di mana banyak media cetak berhenti terbit, baik secara bertahap, berhenti sama sekali atau pindah ke format online. Oleh karena itu, bagi dia, senjakala media cetak sebenarnya lebih ke formatnya.

"Ini karena pola konsumsi informasi masyarakat juga berubah," ujar Enda saat dihubungi Alinea.id, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, Enda berpendapat senjakala media cetak itu hanya peralihan ke versi digital. Sebab, saat ini sebagian besar informasi, berita, pengetahuan dan hiburan dikonsultasikan via media digital. Proses produksinya pun lebih murah, lebih cepat, lebih beragam.

"Tetapi informasi, berita, fitur, opini tetap dibutuhkan publik, hanya formatnya berubah, dan karena itu bisnis model perlu dicari juga agar para pekerja nya bisa hidup," katanya.

Selain memperhitungkan efisiensi, format digital juga bergantung kepada user. Di mana, untuk sebagian milenial dan gen-z yang tumbuh dengan teknologi digital, tidak memilih media cetak bahkan hanya mengetahui media dengan format digital.

"Teknologi baru, membawa kemudahan baru dan fungsi yang lebih superior, yang teknologi lama jadi ditinggalkan. Tenaga kuda diganti mesin bakar, mungkin sebentar lagi diganti mesin listrik," ucapnya.

"Di dunia media ini pernah terjadi juga dulu, buku-buku yang ditulis tangan hilang diganti dengan buku yang dicetak dengan mesin cetak, lebih murah," jelas dia.

Sponsored

Selain mempertimbangkan user, peralihan ke format cetak ke format digital juga dipengaruhi oleh model bisnis media itu sendiri. Dimana, bisnis model langganan dan iklan yang selama ini digunakan juga senja,

"Jadi pindah format, harus cari bisnis model baru," tandas Enda Nasution.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid