sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

24 wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat, disertai kilat, dan angin kencang

 Sementara empat wilayah diprediksi berpotensi hujan, disertai kilat, atau petir dan angin kencang. 

Natasya Maulidiawati
Natasya Maulidiawati Senin, 27 Des 2021 07:56 WIB
24 wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat, disertai kilat, dan angin kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Wilayah Indonesia untuk Senin (27/12). Peringatan cuaca ini dirilis BMKG melalui laman Youtube Info BMKG.

BMKG menginformasikan terpantau adanya bibit siklon tropis 97s berada di utara Australia dan hendak memasuki wilayah daratan. Walaupun intensitasnya diperkirakan melemah, bibit siklon tropis ini masih memberikan dampak cuaca tidak langsung terhadap wilayah Indonesia. Berupa hujan lebat dan angin kencang di beberapa wilayah seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan wilayah Maluku.

BMKG juga mengingatkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem yang terjadi di 28 wilayah. di mana 24 wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat, disertai kilat atau petir, dan angin kencang. Sementara empat wilayah lainnya diprediksi berpotensi hujan, disertai kilat atau petir, dan angin kencang. 

Potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpeluang terjadi di Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat.
Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat dan Gorontalo.

Sponsored
Berita Lainnya

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid