sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ramai-ramai mengucapkan ulang tahun pada Jokowi

Presiden Jokowi berusia 58 tahun pada hari ini. Sejumlah pihak memiliki harapan agar Jokowi semakin baik lagi dalam memimpin negara.

Ramai-ramai mengucapkan ulang tahun pada Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menginjak usia ke-58. Sejumlah kalangan memberikan ucapan selamat dan harapannya. Apa saja? 

Wakil Ketua DPR Fadli Zon berdoa agar Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi tidak lagi memprihatinkan. 

"Mudah-mudahan di usia ke-58 ini, beliau bisa melihat bahwa keadaan bangsa ini masih sangat memprihatinkan. Masih banyak anak bangsa yang menuntut keadilan," ujar Fadli Zon saat ditemui di kompleks DPR, Jumat (21/6).

Lebih lanjut kata Fadli, seorang pemimpin dinilai ketika sedang berkuasa. Kiprah pemimpin juga akan terukir dalam sejarah. 

Fadli berharap Jokowi bisa dikenang masyarakat sebagai pemimpin amanah yang mau mendengarkan suara rakyat. Jadi, apa yang menjadi suara rakyat, tuntutan rakyat, harus didengarkan, dan jangan hanya mengedepankan kepentingan kekuasaan, karena kekuasaan itu tidak bertahan lama.

"Jadi inilah pesan ulang tahun saya untuk Pak Jokowi," tutur Fadli. 

Tim Hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi di sela-sela jeda sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut pantauan Alinea.id, Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf serentak mengucapkan selamat ulang tahun dan mengabadikannya dalam sebuah video di depan Gedung MK.

Sponsored

"Kami tim hukum pihak terkait paslon 01 mengucapakan selamat ulang tahun Pak Jokowi. Sehat dan panjang umur. Amin. Merdeka," ujar mereka di depan Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6).

Ketua Tim Hukum paslon 01 Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra mengatakan telah menyempatkan untuk menyampaikan selamat kepada Presiden. Ucapan itu sekaligus sebagai salah satu bukti kalau pihaknya tidak tegang dalam menghadapi sidang ini. 

"Kami relaks saja, enggak tegang menghadapi sidang ini. Beda dengan kubu sebelah, Pak Bambang Widjojanto tegang terus. Kalau kami ketawa-ketawa saja," ujarnya.

Meski demikian, ia dan tim hukumnya tidak berencana menemui Jokowi secara langsung untuk memberikan ucapan selamat. Tim hukum juga tidak memberikan kejutan di hari jadi Jokowi karena setiap hari disibukkan dengan urusan di MK.

Ketua MPR dan DPD kirim ucapan

Dari parlemen, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan juga memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden RI Joko Widodo yang hari ini sedang berulang tahun. 

Zulkifli berharap sebagai capres petaha yang kini menginjak usia ke-58 tahun, Jokowi bisa terus memimpin negeri ini. 

"Selamat ulang tahun Bapak Presiden. Kami doakan sehat terus, diberi kekuatan oleh Allah untuk memimpin negeri ini," ujar Zulkifli saat ditemui di kompleks DPR, Jumat (21/6). 

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) juga memberikan ucapan selamat kepada Presiden ke-7 ini. 

Menurut Oso, masa pemilu 2019 merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia. 

"Ini (Pemilu) adalah satu tahun yang sangat penting bagi Pak Jokowi dan rakyat Indonesia," tuturnya. 

Ketua Umum Partai Hanura itu juga berharap, Jokowi dapat melanjutkan perjuangan yang dinilainya telah berhasil memimpin negeri. 

"Harapan saya adalah Pak Jokowi bisa melanjutkan perjuangannya selama ini yang sudah berhasil (memimpin negeri). Yakni, membangun infrastruktur daerah-daerah dan daerah-daerah itu mengharapkan untuk dilanjutkan," ujar Oso. 

Ucapan selamat ulang tahun juga datang dari Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). WP KPK menyampaikan beberapa hal terkait persoalan korupsi di Indonesia

Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap menyampaikan, perlunya perlindungan kepada KPK. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengungkap pelaku teror terhadap pimpinan dan pegawai KPK yang selama ini terjadi.

"Di mana salah satu teror, yaitu kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan telah melewati 800 hari lebih," kata Yudi, dalam keterangan resmi, Jumat (21/6).

WP KPK berharap Presiden dapat teguh dalam memperjuangkan dan berkomitmen menciptakan Indonesia yang bebas korupsi. Agar tidak ada lagi uang rakyat diambil koruptor dan rakyat menjadi lebih sejahtera.

"Hari ini, 21 Juni 2019 merupakan ulang tahun Presiden Joko Widodo ke 58, Pegawai KPK mendoakan agar Pak Jokowi selalu diberikan rahmat kesehatan dan dilindungi Allah SWT dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai Presiden," ucap Yudi.