sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Curas meningkat saat pandemi Covid-19

Polisi melakukan pemetaan terhadap tingkat kerawanan setiap daerah di Jakarta.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 20 Apr 2020 15:18 WIB
Curas meningkat saat pandemi Covid-19

Polisi mengakui terjadi peningkatan tindak pidana pencurian dan kekerasan (curas) saat pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang berada di rumah dan mengakibatkan para pelaku pencurian di rumah-rumah sulit beraksi. Akibatnya, pelaku mengalihkan tindak kejahatan ke tempat lain seperti supermarket.

"Beberapa kejahatan memang ada yang naik, seperti curas dan pencurian di supermarket. Itu karena masyarakat banyak di rumah aja, jadi mencuri di rumah susah," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi tim Alinea.id, Senin (20/4).

Yusri mengungkapkan, secara keseluruhan, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah kejahatan menurun. Modus kejahatan yang digunakan pun, kata dia, menggunakan cara lama.

Menurut Yusri, polisi tengah melakukan pemetaan terhadap tingkat kerawanan tiap-tiap daerah Jakarta. Setelah itu, akan ada pengamanan dengan skala berbeda usai diketahui masing-masing pemetaan kerawanannya.

Sponsored

"Sekarang ini, tiap polres melakukan pemetaan untuk tingkat kerawanan masing-masing. Setelah itu, kami akan siapkan peningkatan patroli berdasarkan indeks kerawanan tiap daerah," tuturnya.

Patroli keamanan, menurut Yusri, memang akan ditingkatkan jelang Ramadan. Peningkatan patroli tersebut untuk menjamin keamanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan bulan Ramadan. "Memang patroli ditingkatkan oleh tim khusus yang akan dibentuk," ucap Yusri.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid