logo alinea.id logo alinea.id

Dana penelitian untuk 2020 naik dua kali lipat

Alokasi dana penelitian dan pengembangan (litbang) pada TA 2020 sebesar Rp18,8 triliun

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Rabu, 12 Jun 2019 11:24 WIB
Dana penelitian untuk 2020 naik dua kali lipat

Dana penelitian untuk Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp18,8 triliun, naik dua kali lipat dibandingkan dengan dana penelitian Tahun Anggaran 2019, yang hanya sebesar Rp990 miliar. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat bersama Badan Anggaran DPR dalam pembahasan pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2020 dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2020. 

"Alokasi dana penelitian dan pengembangan (litbang) sebesar Rp18,8 triliun. Untuk litbang di 52 kementerian/lembaga, dengan tujuh litbang di bawah Ristek Dikti, dan 45 di kementerian/lembaga non Ristek Dikti," ujar Sri Mulyani di Ruang Banggar DPR, Senin (11/6) malam. 

Sementara anggota Banggar DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Daryatmo mengusulkan, agar dana penelitian dipisahkan dari 20% dana pendidikan.

"Saya mengusulkan, agar dana litbang berasal dari APBN murni, bukan 20% dari APBN. Sehingga pemerintah bisa fokus menjalankan kebijakan fiskal Tahun Anggaran 2020," ujar Daryatmo. 

Daryatmo juga mengusulkan, agar ada satu pihak atau instansi yang bisa mengonsolidasikan pelaksanaan penelitian di Indonesia. Pasalnya pada saat ini penelitian masih tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga (K/L). 

"Kiranya pemerintah bisa membantu beberapa kementerian dan lembaga untuk mengintegrasikan pelaksanaan penelitian. Tinggal menyusun bagaimana formulasinya," tuturnya. 

Untuk diketahui, pemerintah telah mengalokasikan dana penelitian atau dana riset untuk pertama kalinya dalam APBN 2019 sebesar Rp990 miliar. Pengalokasian berasal dari dana abadi yang masuk dalam pos anggaran pendidikan sebesar 20% dari total APBN. 

Dana abadi riset tersebut diharapkan dapat menjadi pijakan dalam menggerakan penelitian selanjutnya di Indonesia yang dianggap masih jauh tertinggal.

Sponsored

Adapun tema rencana kerja pemerintah (RKP) 2020, yakni 'Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pertumbuhan Berkualitas', di mana pemerintah menitikberatkan pada pembangunan SDM.

Secara lengkap priorits nasional RKP 2020, yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan. Lalu, infrastruktur dan pemerataan wilayah. Juga nilai tambah sektor riil, industrilisasi dan kesempatan kerja. Serta ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup. Selain itu  juga, stabilitas pertahanan dan keamanan.

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB