sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia negara demokrasi dan oligarki

Demokrasi dan oligarki berjalan beriringan dalam ketatanegaraan Indonesia.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 09 Jun 2020 18:18 WIB
Indonesia negara demokrasi dan oligarki
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

Sejumlah partai politik di Indonesia ditunggangi langsung oleh kaum oligarki. Hal tersebut, dinilai oleh Chair of the Department of Political Science Northwestern University, Jeffrey Winters.

Menurut dia, golongan tersebut, merupakan individu atau kelompok keluarga yang memiliki harta kekayaan berlimapah. "Indonesia, punya partai yang dikausai langsung oleh oligarki, dan juga partai di mana oligarki punya pengaruh yang tidak langsung tetapi masih cukup penting," kata Winters, dalam webinar bertajuk "Memahami Oligarki, Aspek Ketatanegaraan, Ekonomi, dan Politik Pemberantasan Korupsi," di akun YouTube KPK, Selasa (9/6).

Penulis buku Orde Baru: Dosa-Dosa Politik itu berpendapat, negara yang mempunyai nilai demokrasi tinggi tidak dapat dipastikan aspek oligarki rendah. "Sebenarnya, kita harus paham bahwa oligarki dan demokrasi adalah dua sistem yang beda dan basis kekuatannya adalah berbeda," terany dia.

Winters mengatakan, basis kekuatan oligarki terletak pada uang. Sementara sistem demokrasi berbasis pada nilai-nilai hukum, kebebasan berpendapat, dan kesetaraan.

Sponsored

"Dua sistem ini berjalan bersama, dan yang sering terjadi seperti negara Indonesia dan Amerika Serikar adalah oligarki punya peran yang sangat tinggi dalam menentukan what is a gender dan siapa bisa dipilih, lalu rakyat baru masuk sesudah figur sudah sedikit, sudah didukung oleh oligark, lalu masyarakat boleh dipilih," tuturnya.

"Dengan kata singkat, oligarks shape the choice and then the rakyat baru get to choice. Itu kenyataan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain," tambah dia.

Dia menilai, Indonesia merupakan negara yang demokratis dan oligarki. Kedua aspek tersebut, kata Winters, berjalan beriringan dalam ketatanegaraan Indonesia. "Jadi kesimpulannya, memang Indonesia adalah negara yang demokratis, dan dua sistem ini berjalan bersama. Ada interaksi bersama," urai Winters.

Berita Lainnya