close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi Kantor Kemenag. Foto Kemenag
icon caption
Ilustrasi Kantor Kemenag. Foto Kemenag
Nasional
Minggu, 01 Mei 2022 10:44

Kemenag gelar sidang isbat penentuan Hari Raya Idulfitri 2022 hari ini

Sebagian peserta sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1433 itu akan mengikuti langsung rapat di Auditorium HM Rasjidi.
swipe

Sidang isbat untuk penentuan Hari Raya Idulfitri 2022 akan digelar hari ini, Minggu (1/5). Kementerian Agama sebagai penyelenggara akan menggelar sidang secara daring dan luring. 

Sebagian peserta sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1433 itu akan mengikuti langsung rapat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta. Sementara, peserta yang mengikuti secara daring, akan hadir via perangkat lunak telekonferensi video, Zoom.

Sidang isbat akan diawali dengan penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Setelah itu, tim akan menyampaian informasi hasil hilal atau rukyatul hilal di 99 titik seluruh Indonesia. 

Penetapan 1 Syawal 1443 H akan diambil berdasakan pertimbangan hasil hisab dan rukyat dan juga pendapat peserta sidang. 

Untuk sidang kali ini Kemenag mengundang perwakilan dari ormas Muhammadiyah. Ini berbeda dengan penentuan awal Ramadan di mana Kemenag tidak mengundang PP Muhammadiyah dengan alasan telah berkirim surat dengan ahli falak perwakilan PP Muhamdiyah. 

Kemenag menyatakan bahwa sidang isbat memang tidak ditujukan kepada ketua ormas, namun kepada tim yang sudah diutus oleh ormas, dalam hal ini Sriyatin Siddiq yang menurut Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, telah mengantongi surat tugas dari Majelis Tarjih Muhammadiyah untuk menjadi Tim Falakiyah Kemenag.

Sementara PP Muhammadiyah menegaskan bahwa prosedur di Muhammdiyah adalah semua yang mewakili PP Muhammadiyah di forum resmi harus membawa surat tugas resmi dari PP Muhammdiyah/Majelis sesuai surat undangan.

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan