sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komnas HAM: Ada perbedaan sikap antara BKN dan KPK soal TWK

Perbedaan tersebut diketahui setelah Komnas HAM memanggil perwakilan masing-masing pihak.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Kamis, 17 Jun 2021 18:13 WIB
Komnas HAM: Ada perbedaan sikap antara BKN dan KPK soal TWK

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut ada perbedaan sikap antara Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Demikian kata Komisioner Komnas HAM, M. Choirul Anam, usai meminta keterangan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, ihwal tes wawasan kebangsaan (TWK), Kamis (17/6).

Kepada Ghufron, Komnas HAM menelusuri prosedur TWK sampai mendalami konteks instrumen yang digunakan dan alasan memilihnya. Di sisi lain, juga hubungan kerja dengan BKN. 

"Pak Nurul Ghufron ini juga tidak bisa jawab karena KPK tidak tahu katanya itu lininya BKN. BKN sendiri beberapa hari yang lalu sudah kami periksa dan kami mendapatkan sesuatu yang agak berbeda antara standing yang diceritakan kepada kami oleh KPK maupun oleh BKN," ujarnya, beberapa saat lalu.

Lebih lanjut, Anam mengatakan, perbedaan antara BKN dan KPK terletak pada substansi proses TWK yang membuat 75 pegawai dinyatakan tidak lulus. "Secara teknis itu juga ada (perbedaan), jadi enggak bisa kami sebutkan."

Sponsored

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, telah rampung dimintai keterangannya oleh Komnas HAM. Dia digali pengetahuan terkait TWK pegawai KPK sekitar lima jam lamanya.

Ghufron mengatakan, memberikan penjelasan dasar hukum kepada Komnas HAM ihwal pelaksanaan tes alih status ASN tersebut. Pun menyampaikan pelaksanaannya hingga pelantikan pegawai KPK menjadi ASN pada 1 Juni lalu. 

"Kami menjelaskan kepada Komnas HAM berkaitan dengan legal standing, dasar hukum kewenangan, kemudian kebijakan regulasi, dan pelaksanaan dari alih pegawai KPK ke ASN yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2021," tuturnya kepada wartawan di kantor Komnas HAM, sore tadi.

Berita Lainnya