sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KTT AIS jadi momentum membangun ekonomi biru

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum berlangsung di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Senin, 09 Okt 2023 11:13 WIB
KTT AIS jadi momentum membangun ekonomi biru

Pemerintah menegaskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum atau Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan akan menjadi momentum gerakan bersama membangun ekonomi biru dunia. Perhelatan akbar ini berlangsung di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu mengatakan, ekonomi biru akan menjadi penggerak, pemulihan, dan transformasi ekonomi dengan berpegang pada kelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

”Manfaat forum mungkin tidak akan langsung dirasakan oleh kita saat ini, namun dalam 10 hingga 15 tahun ke depan forum ini akan memberikan kontribusi yang nyata bagi dunia termasuk Indonesia di dalamnya,” katanya dalam keterangan, Senin (9/10).

Menurutnya, perlu pengembangan solusi cerdas dan inovatif yang berbasis alam. Hal itu dilakukan guna mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan bagi lautan, negara pulau dan kepulauan. Apalagi, adanya tantangan multisegi di wilayah.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong mengingatkan, adanya tiga aspek penting yang menjadi fokus. Yakni, pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

“Jadi, kalau terjadi bencana lingkungan, yang terkena pertama-tama itu adalah negara kepulauan,” ujarnya. 

Contohnya, kata Usman, ada beberapa negara pulau yang diramalkan akan tenggelam bila pemanasan global tidak bisa diatasi. Saat itulah, solidaritas negara-negara kepulauan dan negara pulau dalam memulihkan kondisi lingkungan di dunia perlu berjalan.

“Sembari kita meningkatkan ekonomi biru. Karena ekonomi biru ini akan membantu mendorong kemajuan ekonomi melalui ekonomi biru, ekonomi yang berkelanjutan," ujarnya.

Sponsored

Sementara Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenko Marves Sora Lokita mengatakan KTT AIS Forum akan menjadi tonggak kesadaran. Semua elemen masyarakat dan pemegang kepentingan juga disebut akan punya solusi nyata menghadapi ancaman perubahan iklim yang telah berdampak besar pada sektor kelautan. 

"Kita harus berada di dalam sebuah forum yang kita bisa saling tukar pikiran, berbagi pengalaman terbaik, berbagi pengetahuan, dan kita harus sama-sama menjaga satu sama lain dalam konteks ini," ujar Oki, sapaan Sora Lokita

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid