sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud soal Satgas BLBI tanpa KPK: Nanti dikira disetir

Pemerintah membentuk Satgas BLBI untuk memburu aset kasus BLBI senilai lebih dari Rp109 triliun

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 12 Apr 2021 15:22 WIB
Mahfud soal Satgas BLBI tanpa KPK: Nanti dikira disetir

Pemerintah buka suara tentang tidak terlibatnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI).

"Kalau KPK dilibatkan tidak tepat karena KPK itu lembaga penegakan hukum pidana," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dalam telekonferensi, Senin (12/4).

Dia menerangkan, penangan kasus BLBI kini masih ranah perdata pasca-Mahkamah Agung (MA) menolak peninjauan kembali (PK) yang diajukan KPK. Selain itu, komisi antirasuah bukan bagian dari pemerintah sekalipun tergolong rumpun eksekutif.

"Kalau (KPK) masuk di tim kita, nanti dikira disetir, dikooptasi, dan lain sebagainya. Biar KPK bekerjalah kalau memang ada korupsinya dari kasus ini," ucapnya.

Meski demikian, Mahfud mengklaim, KPK tetap akan mengawasi kinerja dan membantu Satgas BLBI. "Saya perlu data-data pelengkap dari KPK."

"KPK tentu punya data-data lain di luar soal hukum pidana yang bisa ditagihkan, bisa digabungkan ke perdata karena pidananya sudah diputus. Hari Selasa besok, saya akan ke KPK," tambahnya.

Dirinya pun sesumbar Satgas BLBI bakal transparan dalam penanganan kasus tersebut. "Karena ini, kan, hak masyarakat untuk tahu."

Di sisi lain, Mahfud menerangkan, dana BLBI masih dalam bentuk jaminan deposito hingga sertifikat bangunan. Namun, nilai aset dipastikan mengalami perkembangan dibandingkan 16 tahun silam.

Sponsored

Karenanya, bagi dia, perlu diperjelas kembali posisi hukumnya mengingat kasus terjadi saat krisis moneter pada 1998. "Kami hanya bertugas meneruskan, tidak ada di sini untuk melindungi orang, memojokkan orang, tidak ada. Daftarnya sudah ada sejak 2004," tandasnya.

Berita Lainnya