close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Gerbong LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang. Alinea.id/Soraya Novika

Ombudsman minta keamanan transportasi publik terjamin

KNKT diminta segera melakukan investigasi guna mengetahui pasti penyebab kecelakaan tersebut.
swipe

Anggota Ombudsman RI (ORI), Herry Susanto, menduga ada keteledoran (human error) dalam kecelakaan lintas raya terpadu (LRT) Jabodetabek di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, pada Senin (25/10). 

“Kejadian tabrakan yang ada tersebut menunjukkan satu keteledoran atau human error maupun bisa jadi ada satu masalah teknis terkait dengan LRT yang tabrakan tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Alinea.id, Selasa (26/10).

Menurutnya, insiden itu menjadi peringatan dan mengganggu kekhawatiran publik jika tidak dilakukan pencegahan di kemudian hari. Karenanya, Ombudsman mendorong agar Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan investigasi guna mengetahui pasis penyebab kecelakaan.

“Apakah itu kaitannya dengan rem yang blong, atau kaitan dengan kecepatan yang harusnya 5 km/jam tapi bisa jadi di atas itu, atau juga karena sarana dari rel LRT yang dimaksud, perlu penuntasan lebih lanjut dari investigasi pihak terkait,” tuturnya.

Selain itu, Ombudsman meminta PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA selaku pengelola LRT Jabodetabek segera melakukan perbaikan agar mendapat kepercayaan dari masyarakat lagi.

“Apabila investigasi telah diperoleh informasinya, maka pihak INKA maupun pihak operasinal dari LRT tersebut mesti melakukan langkah perbaikan guna melahirkan kembali kepercayaan publik agar nanti pada waktu-waktu datang,” papar Hery.

“Begitu diperbelakukannya LRT tersebut, bisa beroperasi dengan baik dan membuat kenyamanan dan keselamatan warga,” imbuhnya.

Pada hari ini, Hery mendatangi kantor LRT Jabodetabek untuk mengetahui kasus kecelakaan LRT. Dia diterima Kepala Operasional Perawatan PT INKA, Panji Sulaksono.

Terjadi tabrakan LRT Jabodetabek di ruas Munjul, Jakarta Timur, kemarin. Rekaman kecelakaan sempat ramai dan viral di media sosial.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Menurut keterangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), insiden berlangsung saat dilakukan proses uji coba oleh PT INKA.

Ombudsman minta keamanan transportasi publik terjamin
Selasa, 26 Oktober 2021 18:17
Artikel ditulis oleh
img
Dave Linus Piero
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan