sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rencana pemekaran Papua masih digodok, bakal ditentukan Menteri Tito 

Pemerintah masih terus menerima masukan dan kajian pemekaran wilayah Papua dan Papua Barat.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 17 Des 2019 13:33 WIB
Rencana pemekaran Papua masih digodok, bakal ditentukan Menteri Tito 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD menyatakan pemerintah masih menggodok rencana pemekaran wilayah Papua dan Papua Barat. Nantinya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang akan menentukan keputusan ihwal rencana tersebut.

"Kemungkinan iya atau tidak itu nanti Mendagri yang akan menentukan," kata Mahfud usai membuka Konferensi Pembangunan Papua di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Selasa (17/12).

Menurutnya, usulan pemekaran wilayah Papua dan Papua Barat masih dalam proses pengkajian. Pemerintah masih terus menerima masukan dan kajian sebagai bahan pertimbangan untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

"Masih di dalam proses inventarisasi, usulan itu kan masih belum matang dan masih mentah," kata Mahfud.

Namun demikian, kata dia, pemerintah bertekad mengimplementasikan rencana tersebut. Pembicaraan ihwal pemekaran Bumi Cenderawasih terus dilakukan, lantaran pemerintah ingin melihat Papua dan Papua Barat berkembang sejajar dengan provinsi-provinsi lain.

"Kita pokoknya bertekad bahwa Tanah Papua dalam waktu ke waktu maju bersama," ucap Mahfud.

Dia menekankan, Presiden Jokowi telah berkomitmen untuk membangun Papua. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan di daerah tersebut.

"Dulu kemajuan tersendat di Papua karena akses yang sulit, tapi sekarang hal itu telah diatasi sedikit demi sedikit," kata Mahfud.

Sponsored
Berita Lainnya