sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Petugas Lapas Sampit gagalkan penyelundupan sabu

Narkotika tersebut ditemukan dalam kaleng cat dan makanan yang dibawa oleh pengunjung berinisial N.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 02 Nov 2020 13:14 WIB
Petugas Lapas Sampit gagalkan penyelundupan sabu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Petugas Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Klas IIB Sampit, Kalimantan Tengah (Kalteng), menggagalkan penyelundupan diduga narkotika jenis sabu, Minggu (1/11). Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Rika Aprianti.

Rika menjelaskan, narkotika tersebut ditemukan dalam kaleng cat dan makanan yang dibawa oleh pengunjung berinisial N. Barang itu ditujukan kepada salah satu narapidana berinisial S.

"Modus melalui barang yang dibawa pengunjung sudah sangat sering terjadi, sehingga petugas kami semakin hari semakin ketat dalam memeriksa barang dari luar sebagai langkah deteksi dini,” kata Rika dalam keterangannya, Senin (2/11).

Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto, menuturkan penggagalan bermula saat seorang datang ke lapas untuk mengantarkan titipan barang berupa makanan dan cat dalam kaleng pukul 15.15 WIB. Saat diperiksa, ditemukan dua bungkus barang dalam plastik bening dan plastik kecil hitam di kaleng cat.

Sponsored

"Setelah petugas kami mengeluarkan barang tersebut, ditemukan barang terlarang yang kami (duga) berisi narkotika jenis sabu. Petugas yang menemukan langsung melaporkan ke kepala kesatuan pengamanan lapas," ungkap Agung.

Usai temuan tersebut, Agung mengaku, langsung berkoordinasi dengan kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalteng dan melaporkan ke Polres Kotawaringin Timur.

"Kami jajaran pemasyarakatan juga terus meningkatkan pengawasan untuk menghadapi tantangan upaya penyelundupan narkoba yang semakin beragam," tandasnya.

Berita Lainnya
×
img