sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Singgung Ahok, Wagub DKI harap pusat bangun waduk atasi banjir

Riza berharap ada tambahan waduk untuk atasi banjir di Jakarta.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 19 Okt 2020 17:43 WIB
Singgung Ahok, Wagub DKI harap pusat bangun waduk atasi banjir
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 569.707
Dirawat 81.669
Meninggal 17.589
Sembuh 470.449

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berharap pemerintah pusat menambahkan lagi waduk untuk mengendalikan banjir di ibu kota. Pasalnya, jumlah waduk yang ada dinilai tidak mampu menampung hujan atau air kiriman dari hulu.

"Kita harap ada tambahan waduk di tempat lain," Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Jakarta, Senin (19/10).

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan, permintaan peningkatan waduk juga pernah disampaikan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok, sambung Riza, pernah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat waduk di kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat. Luasnya mencapai 900 hektare. 

"Dulu seingat saya Pak Ahok minta persetujuan Pak Jokowi, Pak Presiden, untuk membuat waduk, kalau tidak salah di Tegal Alur atau di mana sejumlah 900 hektar," ungkapnya.

Wagub Riza juga menyambut baik niatan Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono membangun Waduk Ciawi dan Sukamahi untuk menanggulangi banjir di DKI.

"Yang concern pada Jakarta termasuk dibuat waduk besar di Ciawi dan Cimahi," terang Riza.

Untuk diketahui, persoalan banjir di Jakarta menjadi sorotan berbagai pihak, tak terkecuali DPRD DKI dengan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Banjir.

Sponsored

Mereka menyampaikan rekomendasi kepada Pemrov DKI berupa program maupun anggaran untuk menuntaskan masalah banjir.

"Sehingga nanti hasil rekomendasi kami bisa dibaca publik dan tidak lagi nanti DPRD yang disalahkan, karena DPRD sudah maksimal, sudah mengadakan pansus, mengundang expert, melakukan diskusi panjang, dan memberi rekomendasi, tapi tetap yang menjalankan adalah eksekutif. Jadi kuncinya ada di Pak Gubernur," ujar Ketua Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (19/10).

Untuk apa dan siapa wacana klasifikasi SIM C?

Untuk apa dan siapa wacana klasifikasi SIM C?

Sabtu, 05 Des 2020 16:12 WIB
Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Berita Lainnya