sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari Sepak Bola Sedunia dirayakan Badan PBB di Tajikistan bersama CAFA

UN Women telah bekerja di Tajikistan sejak tahun 1999 untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Rabu, 29 Mei 2024 13:00 WIB
Hari Sepak Bola Sedunia dirayakan Badan PBB di Tajikistan bersama CAFA

UN Women (Badan PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan) di Tajikistan bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA), merayakan Hari Sepak Bola Sedunia di Tajikistan, Selasa (28/5).

Acara tersebut bertepatan dengan pertandingan terakhir Kejuaraan CAFA U15 Putri 2024 yang menampilkan dua laga menegangkan. Pesepakbola wanita muda dari Tajikistan, Iran, Republik Kirgizstan, dan Uzbekistan turun ke lapangan untuk menunjukkan keterampilan dan kecintaan mereka pada olahraga.

Upacara penghargaan ini mengakui kontribusi para pesepakbola wanita muda berbakat, pelatih kepala, dan manajer tim.

Daya tarik dan aksesibilitas sepak bola yang luas menjadikannya alat yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Meskipun sepak bola secara tradisional merupakan olahraga yang didominasi laki-laki, sepak bola dapat berfungsi sebagai platform penting untuk memajukan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dan anak perempuan, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Hal ini dapat menjadi katalisator bagi inklusi sosial, memupuk persatuan dan meruntuhkan hambatan antar komunitas yang berbeda. Hal ini juga dapat memberikan ruang di mana individu-individu dari berbagai latar belakang berkumpul untuk mendorong saling pengertian, inklusi, rasa hormat, dan solidaritas.

"UN Women secara aktif mendukung olahraga non-tradisional untuk perempuan dan anak perempuan di Tajikistan. Acara ini merupakan kesempatan lain bagi Tajikistan untuk menunjukkan komitmennya terhadap kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan anak perempuan, serta kepemimpinan perempuan."

"Kami yakin Anda akan menjadi teladan bagi orang lain, dan kami siap mendukung Anda dengan segala cara yang kami bisa,” kata Malika Jurakulova, Country Program Manager dan Kepala Kantor UN Women Tajikistan.

Selain Malika, Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Tajikistan (TFF) Alisher Urunov, dan Sekretaris Jenderal CAFA Ulugbek Karimov menghadiri acara.

Sponsored

UN Women telah bekerja di Tajikistan sejak tahun 1999 untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Selaras dengan prioritas pembangunan nasional negara tersebut, UN Women mendukung upaya Tajikistan untuk menerapkan komitmen kesetaraan gendernya dengan berfokus pada pemberdayaan perempuan, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan perdamaian dan keamanan serta mendorong aksi kemanusiaan.

UN Women merupakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bekerja untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Majelis Umum PBB membentuk UN Women pada bulan Juli 2010.

Berita Lainnya
×
tekid