sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kekecewaan kedua Arteta terhadap VAR

Arsenal, yang melepaskan 30 tembakan berbanding enam tembakan West Ham, kini hanya meraih empat poin dalam empat pertandingan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 29 Des 2023 18:04 WIB
Kekecewaan kedua Arteta terhadap VAR

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengecam keputusan VAR kontroversial yang berperan penting dalam kekalahan kandang 2-0 timnya dari West Ham United pada Kamis (28/12). Kekalahan ini berarti Arsenal gagal kembali ke puncak Liga Premier.

West Ham memimpin pada menit ke-13 ketika Tomas Soucek mencetak gol menyambut umpan tarik dari Jarrod Bowen.

Pemeriksaan VAR membutuhkan waktu hampir lima menit karena posisi Bowen menghalangi sudut kamera utama dan berarti tinggal keputusan wasit di lapangan bahwa bola tetap sah.

“Sangat disayangkan bahwa teknologi yang kita miliki tidak begitu berarti, sehingga kami dapat mengatakan ya apakah bola itu keluar atau masuk,” kata Arteta dengan kecewa kepada wartawan, dikutip Reuters.

Pelatih asal Spanyol ini telah beberapa kali berselisih dengan otoritas sepak bola musim ini menyusul kemarahannya mengenai keputusan VAR.

Awal bulan ini, Arteta lolos dari hukuman FA setelah menyebut keputusan untuk tidak mengesahkan gol Anthony Gordon dalam kekalahan 1-0 di Newcastle United pada 4 November sebagai hal yang memalukan. Gol tersebut disahkan setelah tiga kali pemeriksaan VAR.

Manajer West Ham David Moyes mengatakan dia belum melihat semua tayangan ulang tetapi tim yang mencetak gol merasa kecewa ketika layar VAR muncul setelah gol dan pemeriksaannya memakan waktu lama.

Pelatih asal Skotlandia itu menambahkan bahwa timnya "bertahan dengan sangat baik" untuk mengamankan kemenangan setelah Konstantinos Mavropanos menambahkan gol kedua pada menit ke-55.

Sponsored

“Ada banyak waktu untuk membicarakan hal itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa semua pihak senang dengan perkembangan West Ham saat ini. “Kami bisa menyelesaikannya jika kami sudah siap. Saya menikmati pekerjaan saya.”

Arteta menegaskan teknologi VAR 'tidak cukup baik'. Hasilnya adalah kemenangan tandang pertama David Moyes di liga melawan tim 'empat besar' Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United.

Tomas Soucek secara kontroversial membuka skor di babak pertama. VAR tidak dapat memastikan apakah bola sudah keluar sebelum umpan silang Jarrod Bowen.

"Jika teknologi yang kita miliki saat ini tidak cukup baik untuk memberi kami jawaban (apakah bola keluar), yang harus kami lakukan adalah, tanpa itu, memenangkan pertandingan. Tapi peluang itu hilang. Tidak ada yang bisa kami lakukan sekarang," kata Arteta dilansir Daily Mail.

Arsenal, yang melepaskan 30 tembakan berbanding enam tembakan West Ham, kini hanya meraih empat poin dalam empat pertandingan liga terakhir mereka.

Mengenai insiden VAR untuk gol Soucek, Moyes menambahkan: “Saya bahkan belum memikirkannya. Saya baru saja mendapat reaksi dari para pemain bahwa tak seorang pun berpikir bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan gol tersebut."(reuters,dailymail)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid