Olahraga / Asian Games 2018

Kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 sudah 100%

Sarana yang disediakan Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 sudah siap.

Kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 sudah 100% Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Presiden Direktur PT Pulo Mas Jaya Bambang Mursalin (tengah) dan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tony Spontana (kanan) saat meninjau Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) di Jakarta, Kamis (2/8)/ Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sudah 100%. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk kelancaran pesta olah raga empat tahunan di Asia.

"Sarana sudah siap 100 persen dan atlet sudah ada yang datang pada 10 Agustus. Perlu digarisbawahi penyelenggaraan Asian Games dikelola oleh INASGOC," kata Anies di Jakarta Pusat, Minggu (5/8).

Dia menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan empat venue untuk menghelat gelaran Asian Games 2018. Adapun empat venue yang dibangun dan menggunakan anggaran dari Pemprov DKI Jakarta yakni Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), velodrome, lapangan BMX dan base ball.

"Venue cabang olahraga ada empat, selebihnya persiapan untuk lalu lintas, transportasi disiapkan dari wisma atlet Kemayoran ke venue," kata Anies.

Menurut Anies, persiapan lalu lintas dan transportasi telah melampaui target jarak tempuh yang ditetapkan panitia sebesar 34 menit. Anies menyebut, jarak tempuh dari wisma atlet menuju Gelora Bung Karno (GBK) dapat ditempuh sekitar 20-26 menit.

Tercapainya target tersebut, tak lepas dari sejumlah kebijakan lalu lintas yang ditetapkan. Di antaranya adalah penerapan sistem ganjil-genap dan penutupan sejumlah gerbang tol.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyediakan 1.350 unit Transjakarta khusus untuk transportasi atlet. Adapun untuk masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan, telah disediakan 1.750 unit Transjakarta pada Sabtu dan Minggu.

Pemprov DKI Jakarta juga menetapkan 70 sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah dan lingkungan, untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018

Penambahan jumlah sekolah yang terkena penyesuaian waktu kegiatan belajar mengajar selama penyelenggaraan Asian Games 2018 berdasarkan adanya penambahan sembilan rute dari Wisma Atlet Kemayoran ke Gelanggang Olah Raga (GOR) Bulungan, Jakarta Selatan.

Sumber: Antara


Berita Terkait