sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Liga Champion dimulai malam ini

Sebanyak 32 klub sepak bola dari 16 negara Eropa tercatat telah terkualifikasi untuk mengikuti laga ini.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Selasa, 14 Sep 2021 21:32 WIB
Liga Champion dimulai malam ini

UEFA Champions League kembali, untuk musim 2021-2022 pada malam ini. Dimulai dengan pertandingan antara Sevilla FC dan FC RB Salzburg pada Selasa (14/9) pukul 23.45 WIB. Laga perdana akan dilaksanakan di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán dan dapat disaksikan melalui stasiun televisi SCTV secara live. Sebanyak 32 klub sepak bola dari 16 negara Eropa tercatat dalam situs resmi UEFA Champions League telah terkualifikasi untuk mengikuti laga ini. Berikut adalah drawing dari grup UEFA Champions League 2021-2022.

Mayoritas klub-klub sepak bola yang berpartisipasi dalam kejuaraan klub tertinggi se-Eropa ini adalah mereka yang duduk di posisi teratas peringkat nasional liga utama negaranya masing-masing.

Grup A diisi oleh nama-nama yaitu Manchester City FC dari Inggris, Paris Saint Germain dari Prancis, RB Leipzig dari Jerman, dan Club Brugge dari Belgia. Di antara keempatnya, hanya RB Leipzig yang tidak duduk di posisi 10 teratas. RB Leipzig tercatat pada Selasa (14/9) duduk di posisi ke-12 klasemen Bundesliga 1. Liga Jerman. Sedangkan berturut-turut Man City, PSG, dan Club Brugge duduk di peringkat kelima, pertama, dan pertama klasemen liga utama negara masing-masing. Grup ini akan mulai mencicipi lapangan UCL mulai hari ketiga pekan pertama dengan laga Club Brugge melawan Paris Saint-Germain di Stadion Jan Breydel, Bruges, Belgia pada Kamis (16/9) pukul 02.00 WIB.

Grup B diisi oleh Club Atlético de Madrid dari Spanyol, Liverpool FC dari Inggris, FC Porto dari Portugal, dan AC Milan dari Italia. Atlético de Madrid dan Liverpool sama-sama duduk di peringkat ketiga masing-masing La Liga Spanyol dan Liga Premier Inggris. Porto duduk di peringkat keempat Primeira Liga Portugal dan Milan di peringkat kedua Serie A Italia. Grup ini akan mulai mencicipi lapangan pada hari ketiga pekan pertama pertandingan pula, yaitu dengan penampilan Atlético de Madrid melawan Porto di Stadion Metropolitano, Madrid, Spanyol pada Kamis (16/9) pukul 02.00 WIB.

Grup C diisi oleh Borussia Dortmund dari Jerman, AFC Ajax Amsterdam dari Belanda, Beşiktaş JK dari Turki, dan Sporting Clube dari Portugal. Beşiktaş menjadi satu-satunya wakil Turki dalam UEFA Champions League musim ini, tetapi sekaligus juga pemeringkat tertinggi di grup tersebut dengan kedudukannya di posisi pertama Süper Lig Turki. Borussia Dortmund dan Sporting Clube de Portugal sama-sama duduk di peringkat ketiga masing-masing Bundesliga 1. Liga Jerman dan Primeira Liga Portugal. Grup ini akan mulai mencicipi lapangan pada hari kedua pekan pertama pertandingan, dimulai dengan laga Beşiktaş FC melawan Borussia Dortmund di Beşiktaş Park, Istanbul, Turki pada Rabu (15/9) pukul 23.45 WIB.

Grup D diisi oleh Real Madrid CF dari Spanyol, FC Shakhtar Donetsk dari Ukraina, Inter Milan dari Italia, dan FC Sheriff Tiraspol dari Moldova. Real Madrid menjadi klub dengan peringkat tertinggi di grup ini, duduk di posisi pertama klasemen La Liga Spanyol. Shakhtar Donetsk, yang bersama dengan FC Dynamo Kyiv mewakili Ukraina dalam ajang UEFA Champions League musim ini duduk di posisi kedua Liga Primer Ukraina. Sementara Inter Milan dan wakil tunggal Moldova FC Sheriff Tiraspol sama-sama duduk di peringkat keempat masing-masing Serie A Italia dan Divisi Nasional Moldova. Sama seperti grup C, mereka akan mencicipi lapangan untuk pertama kalinya pada hari kedua pekan pertama pertandingan. Dibuka dengan laga Sheriff Tiraspol melawan Shakhtar Donetsk di Stadion Sheriff, Tiraspol, Moldova pada Kamis (15/9) pukul 23.45 WIB.

Grup E diisi oleh dua nama besar persepakbolaan Eropa yakni FC Bayern München dari Jerman dan FC Barcelona alias Barca dari Spanyol. Selain mereka, ada juga dua nama lainnya yakni SL Benfica dari Portugal dan FC Dynamo Kyiv. Ironisnya, Bayern München dan Barca sama-sama tidak duduk di posisi teratas peringkat mereka, melainkan hanya di posisi kedua dan ketujuh masing-masing Bundesliga 1. Liga Jerman dan La Liga Spanyol. Sementara SL Benfica dan Dynamo Kyiv yang justru kurang sering terdengar duduk di peringkat teratas masing-masing Primeira Liga dan Liga Primer Ukraina. Grup ini akan mencicipi lapangan pertama pada hari kedua pekan pertama pertandingan, dimulai dengan laga Dynamo Kyiv melawan Benfica di Stadion NSC Olimpiyskiy di Kyiv, Ukraina pada Rabu (15/9) pukul 02.00 WIB.

Grup F diisi oleh Manchester United dari Inggris, Villarreal CF dari Spanyol, Atalanta BC dari Italia, dan BSC Young Boys dari Swiss. MU tercatat sebagai pemeringkat tertinggi grup ini, duduk di posisi teratas Liga Premier Inggris per Selasa (14/9). Villarreal CF menjadi satu dari empat klub dalam kejuaraan UEFA Champions League musim ini yang tidak duduk di posisi 10 teratas liga nasional masing-masing selain RB Leipzig, LOSC Lille dari Prancis, dan Juventus dari Italia. Villarreal duduk di posisi ke-13 La Liga Spanyol. Atalanta duduk di posisi ke-10 Serie A Italia, dan BSC Young Boys sebagai satu-satunya wakil Swiss duduk di posisi keempat Liga Super Swiss. Laga pertama grup ini akan diadakan pada hari pertama pekan pertama pertandingan dengan BSC Young Boys melawan Manchester United pada Selasa (14/9) pukul 23.45 WIB di Stadion Wankdorf, Bern, Swiss.

Sponsored

Grup G diisi oleh Sevilla FC dari Spanyol, FC Salzburg dari Austria, VfL Wolfsburg dari Jerman, dan LOSC Lille dari Prancis. VfL Wolfsburg menjadi pemeringkat tertinggi di grup ini, duduk di posisi teratas Bundesliga 1. Liga Jerman. FC RB Salzburg sebagai satu-satunya wakil Austria juga duduk di peringkat 1 Bundesliga Sepak Bola Austria. Sementara Sevilla FC dan LOSC Lille duduk di masing-masing posisi keenam La Liga Spanyol dan ke-12 Ligue 1 Prancis. Laga pertama grup ini akan dilaksanakan pada hari pertama pekan pertama pertandingan dengan pertandingan Sevilla FC dan FC RB Salzburg di Stadion Ramón Sánchez-Pizjuán di Sevilla, Spanyol pada Selasa (14/9) pada pukul 23.45 WIB.

Grup H diisi oleh Juventus dari Italia, Chelsea FC dari Inggris, FC Zenit dari Rusia, dan Malmö FF dari Swedia. Selain sebagai wakil tunggal Rusia, FC Zenit juga merupakan pemeringkat paling senior di grup ini dengan duduk di posisi teratas Liga Primer Rusia. Chelsea FC sebagai wakil Inggris duduk di peringkat kedua Liga Premier Inggris. Malmö FF sebagai wakil tunggal Swedia menjadi pemeringkat ketiga tersenior selanjutnya, duduk di posisi keempat Allsvenskan Swedia. Juventus dari Italia menjadi pemeringkat terjunior dalam grup ini sekaligus yang terkualifikasi untuk mengikuti UEFA Champions League, duduk di posisi ke-16 Serie A Italia. Laga pertama grup ini akan dimainkan antara Malmö FF melawan Juventus di Stadion Baru Malmö, Malmö, Swedia pada hari kedua pekan pertama pertandingan, yaitu Rabu (15/9) pukul 02.00 WIB.

 

Sumber: UEFA.com-UEFA Champions League

Berita Lainnya