sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pra-Piala Dunia 2026: Indonesia gagal pesta, Palestina ciptakan sejarah

Berikut daftar tim yang telah lolos ke putaran ketiga pra-Piala Dunia 202.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 07 Jun 2024 14:19 WIB
Pra-Piala Dunia 2026: Indonesia gagal pesta, Palestina ciptakan sejarah

Palestina menciptakan sejarah ketika mereka membukukan tempat di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya. Sejarah tercipta berkat hasil imbang tanpa gol melawan Lebanon di Doha, Kamis (7/6).

Palestina, yang melangkah pada pertandingan Grup I dengan tujuh poin, hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. Mereka pun mendapatkan hasil yang diinginkan itu meskipun Lebanon tampil dengan permainan kasar. Itu terbukti dengan tujuh kartu kuning yang didapat Lebanon pada laga tersebut.

Ini juga akan menandai keempat kalinya berturut-turut Palestina mengamankan tempat mereka di putaran final Piala Asia AFC, yang akan diselenggarakan oleh Arab Saudi pada tahun 2027.

Dengan latar belakang perang dahsyat di Gaza, tim Palestina juga telah mengukir sejarah sepakbola tahun ini dengan melakukan penampilan debut di fase gugur Piala Asia.

Sementara itu tiga wakil ASEAN, Indonesia, Thailand dan Vietnam masih berpeluang lolos ke putaran ketiga pra-Piala Dunia 2026. Indonesia sendiri gagal menyegel tiket ke putaran berikut setelah takluk 0-2 dari Irak. Sementara Vietnam menang dengan dramatis dari Filipina 3-2.

Indonesia yang satu grup dengan Vietnam akan memainkan laga terakhir melawan Filipina pada 11 Juni di SUGBK Jakarta, sementara Vietnam menghadapi Irak di Basra. Kedua tim memperebutkan satu tiket untuk mendampingi Irak yang telah lolos di Grup F. 

Berikut daftar tim yang telah lolos ke putaran ketiga pra-Piala Dunia 202:  

Grup A: Qatar
Grup B: Jepang
Grup C: Korea Selatan 
Grup D: Oman
Grup F: Irak
Grup G: Arab Saudi, Jordan
Grup H: UAE, Bahrain 
Grup I: Australia, Palestina 

Sponsored

Negara yang masih memperebutkan posisi runner-up untuk lolos ke putaran ketiga:

Grup A: Afganistan, Kuwait, India
Grup B: Suriah, Korea Utara
Grup C: Tiongkok, Thailand 
Grup D: Kyrgyztan, Malaysia 
Grup F: Indonesia,  Vietnam 

Berita Lainnya
×
tekid