sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siapa wasit Argentina vs Prancis, Szymon Marciniak?

Szymon Marciniak adalah wasit yang akan memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 16 Des 2022 09:02 WIB
Siapa wasit Argentina vs Prancis, Szymon Marciniak?

Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang wasit Polandia Szymon Marciniak yang akan memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis.

Argentina selangkah lagi merengkuh trofi Piala Dunia, mengulang kesuksesannya pada 1978 dan 1986. Kali ini kampanye itu menjadi terasa lebih dramatis, karena ada di ujung karier sang Mega Bintang, Lionel Messi. 

Di kubu Prancis, memenangkan Piala Dunia 2022, akan menjadi suatu prestise yang luar biasa mengingat statusnya sebagai juara bertahan. Prancis akan menyamai rekor Brasil yang juga pernah menjadi juara Piala Dunia berturut-turut pada 1962.

Rekor lain yang ditunggu-tunggu adalah Kylian Mbappe bisa menjadi pemain termuda yang memenangkan turnamen dua kali berturut-turut sejak Pele melakukannya dengan Brasil pada usia 21 tahun. Mbappe sendiri saat ini berusia 23 tahun.

Baik Argentina atau Prancis kini hanya berjarak 90 menit dari sanjungan seumur hidup. Untuk laga bersejarah ini, FIFA mempercayakan pluit wasit kepada Szymon Marciniak.

Siapa wasit Argentina vs Prancis Szymon Marciniak?
Szymon Marciniak adalah wasit yang akan memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis.

Lahir pada 7 Januari 1981, pria berusia 41 tahun ini menjadi ofisial yang terdaftar di FIFA pada 2013 setelah memulai karirnya di papan atas Polandia pada 2009.

Sebelumnya ia memimpin laga pada 26 November ketika Prancis menghadapi Denmark di penyisihan Grup D, dan juga pernah memipin Argentina vs Australia di babak 16 Besar.

Sponsored

Marciniak ternyata cukup mengesankan ketika dia mengawasi pertandingan penyisihan grup antara Prancis dan Denmark, serta pertandingan babak 16 besar antara Argentina dan Australia itu. Dia memberikan lima kartu kuning, tidak ada kartu merah dan tidak ada penalti secara total di dua pertandingan tersebut.

Siapakah asisten wasit & ofisial keempat?
Ketua wasit FIFA Pierluigi Collina telah memilih pria berusia 41 tahun itu untuk memimpin pertandingan terakhir yang akan dimainkan di Qatar pada turnamen musim dingin. Ia akan dibantu oleh Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz. Ofisial keempat adalah Ismail Elfath dari AS. Dan di VAR akan ada Tomasz Kwiatkowski dari Polandia.

Penggemar sepak bola Eropa mungkin mengenali wasit dari laga-laga Liga Champions musim ini. Misalnya, dia bertanggung jawab atas laga menegangkan 3-3 antara Barcelona dan Inter di Camp Nou dan kekalahan Porto 2-1 dari Atletico Madrid yang membuat Rojiblancos tersingkir dari Eropa – dia mengeluarkan Mehdi Taremi dalam pertandingan itu karena melakukan diving.

Dia juga memimpin Piala Super antara Real Madrid dan Atletico Madrid pada 2018 dan mengawasi dua pertandingan di Piala Dunia 2018, di mana salah satunya dia mengeluarkan pemain Jerman Jerome Boateng.

Hingga tahap turnamen ini, wasit asal Polandia itu berhasil melewati permainannya tanpa menimbulkan kontroversi besar. Itu lebih dari yang bisa dikatakan tentang beberapa ofisial. Berbeda dengan Antonio Mateu Lahoz yang menjadi wasit perempat final Piala Dunia Argentina melawan Belanda dalam waktu dekat, pemilihan Szymon Marciniak ini tampaknya menjadi penunjukan bijak dari FIFA.(goal.com)

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid