sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tekuk ASIOP, Garuda Nusantara lolos perempatfinal

Sementara persaingan sengit di grup neraka D meloloskan pemuncak klasemen akhir Maluku Utara Selection disusul Borneo FC ke perempatfinal.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 22 Jul 2022 17:36 WIB
Tekuk ASIOP, Garuda Nusantara lolos perempatfinal

Kuartet tim terakhir dipastikan maju ke perempatfinal Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto U-16 dari grup C dan grup D. Pemenang dari grup C, Persib Bandung diikuti Garuda Nusantara. Sedangkan dua tiket grup D disabet Maluku Utara Selection dan Borneo FC.

Empat tim awal diketahui lolos ke 8 Besar masing-masing PSIS dan PSLS dari grup A serta PSS dan PSM di grup B sejak Kamis (21/7).

Rekaman laga Garuda Nusantara vs ASIOP

Brace Nicko Syahputra membawa Garuda Nusantara memenangkan laga terakhir mereka di Grup C pada lanjutan Nusantara Open 2022. Menghadapi ASIOP dalam Piala Prabowo Subianto U-16 di Stadion Pakansari, Bogor, skuad Usman Atto meraih angka penuh dari kemenangan tipis 2-1 langsung, Jumat (22/7).

Pertandingan belum berlangsung 10 menit, berbagai situasi berbahaya telah dialami ASIOP. Gelombang serangan Garuda Nusantara bertubi-tubi, bola berulang kali mengincar jala.

Rangkaian kejadian dimulai pada menit ke-9, kiper ASIOP Fahri Indrawan tidak sempurna menyepak tendangan gawang. Sepakannya jatuh ke kaki Nicko Syahputra yang berdiri tidak terlalu jauh dari kotak penalti. Nicko cepat mendribel bola, namun dijatuhkan bek Rado Febriyan Fadilla. Rado diganjar kartu kuning, wasit menghadiahi tendangan bebas.

Menit ke-11, tendangan bebas dieksekusi Nicko Syahputra di mulut kotak penalti ASIOP. Tembakan kerasnya dengan telak menyambar jaring. Bola melayang sebatas pinggang menembus barisan lima pemain yang menjadi pagar hidup di depan kiper Fahri Indrawan.

Skor berubah 1-0 untuk Garuda Nusantara. Tapi, ASIOP tak semudah itu mau menyerah.

Sponsored

Pada menit ke-32, berawal dari kesalahan kecil bek tengah Garuda Nusantara, lepas kontrol di area pertahanan sendiri. Bola yang digiringnya bergulir terlalu jauh, langsung dicuri Nafil Riqullah.

Striker ASIOP itu segera bermanuver solo-run masuk kotak penalti. Akhirnya menyarangkan sepakan pelan yang lolos di antara kedua kaki penjaga gawang saat mereka berhadapan. Kedudukan menjadi sama kuat, 1-1.

Tersengat gol penyeimbang tersebut, Garuda Nusantara lekas bereaksi. Hanya dua menit saja, kesebelasan hitam-merah balik lagi memimpin setelah Nicko Syahputra kembali berhasil menjaringkan bola. Menyambut umpan silang dari sayap kiri di dalam kotak 16 meter lawan, tanpa terkawal Nicko mengubah skor 2-1. Tiga gol itu tidak bertambah hingga peluit akhir pertandingan.

Di laga Grup C lainnya, Persib Bandung versus Persipura Jayapura di Nusantara Polo Club Field berkesudahan 4-3. Tim Mutiara Hitam sempat comeback dari ketinggalan 0-3 hingga menyamakan skor 3-3. Tapi Pangeran Biru menghukum mereka di jelang penghujung laga.

Sementara persaingan sengit di grup neraka D meloloskan pemuncak klasemen akhir Maluku Utara Selection disusul Borneo FC ke perempatfinal. Kemenangan 1-0 Pesut Etam mengubur Macan Kemayoran di dasar papan peringkat. Bintang Timur Atambua harus melupakan mimpinya karena ditundukkan Maluku Utara Selection 0-1. Ketiga tim teratas memiliki selisih angka yang rapat sebelum juara dan runner-up grup dipastikan.

Klasemen akhir Grup C

Persib Bandung 3 2 1 0 7-4 7
Garuda Nusantara 3 1 1 0 4-1 7
Persipura Jayapura 3 1 0 2 5-7 3
ASIOP 3 0 0 3 3-7 0

Klasemen akhir Grup D

Maluku Utara Selection 3 2 0 1 3-2 6
Borneo FC 3 1 2 0 3-2 5
Bintang Timur Atambua 3 1 1 1 3-2 4
Persija Jakarta 3 0 1 2 2-5 1

Kontestan 8 Besar

PSIS Semarang
PSLS Lhokseumawe
PSS Sleman
PSM Makassar
Persib Bandung
Garuda Nusantara
Maluku Utara Selection
Borneo FC.

Berita Lainnya
×
tekid