logo alinea.id logo alinea.id

Asosiasi DPRD ke Prabowo: Jantan dong

Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) menilai penolakan Prabowo Subianto pada hasil rekapitulasi suara bukan sikap negarawan.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 17 Mei 2019 23:56 WIB
Asosiasi DPRD ke Prabowo: Jantan dong

Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) menilai penolakan Prabowo Subianto terhadap hasil rekapitulasi suara bukan sikap negarawan. Penolakan itu dinilai mengkhianati diri sendiri.

Ketua Umum Adkasi Lukman Said mengatakan, anggota DPRD selaku pembuat Undang-Undang, sangat menyayangkan sikap penolakan Prabowo tersebut.

"Prabowo yang gentle dong, kalau menolak jangan cuma (perhitungan suara) presiden, Pilegnya juga. Karena ini semua tidak bisa dipisahkan," kata Lukman di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, Jumat (17/5) malam.

Selain itu, Adkasi juga menyinggung seruan people power yang digaungkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Menurut dia, Adkasi akan mengimbau kepada konstituen dan masyarakat untuk jangan mudah terprovokasi. 

Sponsored

"Biarlah KPU bekerja secara konstitusional karena ini adalah konsekuensi konstituonal. Kita mau habis pemilu, kita damai kembali merajut persaudaraan," tutur Lukman.

People power menurut Adkasi merupakan tindakan makar yang ingin menggulingkan pemerintahanan yang sah. Dia meyakini penegak hukum di Indonesia mampu memberantas gerakan itu.

"Ada TNI, Polri. Sebagai DPRD, politisi daerah akan mengimbau kepada kawan-kawan 17.000 itu untuk tidak datang ke Jakarta, cukup mengikuti di media nasional dan mendukung KPU sesuai dengan konstitusi. Kalau ada kecurangan, ada ranahnya MK (Mahkamah Konstitusi)," ucap Lukman.