logo alinea.id logo alinea.id

Bawaslu: Anies Baswedan tak langgar aturan kampanye

Acungan dua jari Anies Baswedan di acara Partai Gerindra secara resmi dinyatakan tidak melanggar aturan kampanye.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Jumat, 11 Jan 2019 23:49 WIB
Bawaslu: Anies Baswedan tak langgar aturan kampanye

Acungan dua jari Anies Baswedan di acara Partai Gerindra secara resmi dinyatakan tidak melanggar aturan kampanye.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor tidak menemukan unsur pelanggaran Pemilu saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang ke acara Partai Gerindra beberapa waktu lalu dan mengacungkan dua jari.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irfan Firmansyah menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan. Kemudian, hasil tersebut telah dirapatkan bersama Sentra Gakkumdu (penegakan hukum terpadu) yang terdiri dari Bawaslu Bogor, Polres Bogor dan Kejaksaan.

"Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh terlapor tidak memenuhi unsur (pelanggaran). Juga, dianggap tidak memenuhi unsur pidana dan tidak dapat dilanjutkan dalam proses selanjutnya," kata Irfan kepada wartawan, Jumat (11/1). 

Berdasarkan hasil klarifikasi, baik berupa keterangan dari pelapor maupun terlapor, serta para saksi, tidak ada yang bisa membuktikan bahwa terlapor telah membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan. 

"Berdasarkan keterangan Pak Anies, dia telah menyampaikan pemberitahuan akan menghadiri acara tersebut ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri," sebutnya.

Irfan menerangkan, saat itu Anis sebagai terlapor menjelaskan bahwa dirinya telah meminta izin kepada Kemendagri. Namun, izin itu bukanlah untuk cuti.

"Untuk cuti itukan ketika menghadiri kampanye. Sementara, kegiatan itu adalah rapat internal Partai Gerindra yang rutin dilakukan setiap tahun, jadi bukan menghadiri kampanye," katanya. 

Sponsored
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bila teman-teman mengikuti akun @dinaslhdki akan terlihat kalau pagi ini Jakarta sudah bersih kembali pasca perayaan Tahun Baru 2019.⁣ ⁣ Pagi ini mampir ke kawasan monumen nasional untuk menemui langsung teman-teman yang sedang bertugas membersihkan. Mari kita apresiasi petugas-petugas yang saat bekerja tidak pernah terlihat oleh kita. Di saat kita tidur, mereka bekerja. Di saat masyarakat berpesta, mereka menunggu. Pestanya selesai, mereka turun ke lapangan. Merekalah yang membuat Jakarta bersih. Merekalah yang membuat Jakarta rapi. Dan mari kita setiap kali ketemu mereka, sapa mereka. Sampaikan apresiasi.⁣ ⁣ Di kawasan jalan Medan Merdeka, jumlah masyarakat yang berkumpul dalam momen pergantian tahun sebesar 362.000 orang. Pembersihan yang langsung dilakukan setelah kegiatan melibatkan 300 personel petugas dan secara umum kawasan Monas sudah bersih pada pukul 04.42 pagi hari.⁣ ⁣ Sampah yang sudah terkumpul tadi malam jumlahnya 237 ton. Angka ini lebih sedikit dari tahun lalu yang sebanyak 780 ton sampah. Tahun ini di kawasan Monas saja ada sekitar 45 ton sampah. Di sekitar Bundaran HI berjumlah 22 ton sampah. Dan di sepanjang Thamrin-Sudirman ada 26 ton sampah.⁣ ⁣ Ini semua berkat kinerja cepat petugas kebersihan lintas sektor yang bekerja sama di lapangan, dari UPK Monas, Dinas LH, dan Dinas Gulkarmat. Terima kasih juga kepada masyarakat, atas jumlah sampah yang jauh berkurang dari tahun kemarin. Teman-teman telah membantu kami dengan membuang sampah pada titik2 kantong sampah yg disediakan sehingga proses pembersihan menjadi lebih cepat.⁣ ⁣ Insya Allah kita jaga Jakarta tetap bersih, tetap rapi, aman, damai, seperti kita tadi malam merayakan pergantian tahun.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on