sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Negara-negara Timteng didesak gelar rapat darurat terkait Palestina

32 anak-anak dan 21 wanita Palestina tewas dalam gempuran militer Israel.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Sabtu, 15 Mei 2021 16:05 WIB
Negara-negara Timteng didesak gelar rapat darurat terkait Palestina

Serangan militer Israel ke wilayah Gaza, Palestina, telah tewaskan 132 warga sipil. Jumlah itu termasuk 32 anak-anak, 21 wanita. Bahkan, pejabat medis Palestina juga melaporkan 950 orang lainnya terluka.

Merespons ha itu, Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini meminta agar Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional tidak tinggal diam melihat pembantaian warga sipil tersebut.

“PBB dan organisasi negara Islam khususnya negara-negara di kawasan Timur Tengah harus segera menggelar rapat darurat untuk menghentikan agresi dan kebiadaban Israel yang semakin brutal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/5).

Menurutnya, apa menimpa rakyat Palestina menjadi tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Palestina menjadi, katanya, merupakan satu-satunya bangsa yang hidup dalam penjajahan di abad modern.

“Fraksi PKS mendesak negara-negara dunia untuk mengambil tanggung jawab kemanusiaan, tidak melihatnya sebagi konflik dua negara, apalagi menutup mata atas brutalisme yang dilakukan Israel,” ungkapnya.

PKS mengapresiasi langkah Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang menyatakan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina. “Inilah amanat UUD 1945 dan hutang sejarah Indonesia yang telah disuarakan sejak Presiden RI pertama Bung Karno,” lanjutnya.

Pemerintah RI juga telah menempuh berbagai upaya untuk mendesak sidang darurat baik di level negara-negara OKI, GNB, hingga Dewan Keamanan PBB. Meski demikian, Jazuli tetap mendorong Indonesia memberi bantuan yang riil dan konkret sesuai yang dibutuhkan rakyat Palestina saat ini.

Terlebih lagi solidaritas dalam negeri kita untuk membantu rakyat Palestina saat ini luar biasa. “Saatnya dunia menunjukkan sikap yang jelas dan tegas terhadap Israel yang terus menggerogoti wilayah Palestina dan membunuhi rakyat sipil tak berdosa,” pungkasnya.

Sponsored
Berita Lainnya