Politik / Pemilu 2019

Partai Demokrat targetkan 61 kursi di DPR pada Pemilu 2019

Para caleg Partai Demokrat rajin menyapa seluruh elemen masyarakat agar target minimal seperti perolehan suara 2014 silam dapat terpenuhi.

Partai Demokrat targetkan 61 kursi di DPR pada Pemilu 2019 Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Robi Ardianto/Alinea.id

Pada Pemilu 2019, Partai Demokrat menargetkan minimal meraih 10,9% atau 61 kursi di parlemen. Tak muluk-muluk, target Partai Demokrat kali ini merupakan target yang sama pada Pemilu 2014 silam. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komando Tugas Bersama, Agus Harimurti Yudhoyono.

Agus menjelaskan, target suara partainya sama dengan Pemilu 2014 lalu alasannya karena Pileg kali ini memiliki tantangan yang tidak mudah bagi Partai Demokrat. Sebab, Pileg kali ini dilakukan bersamaan dengan pertarungan Pilpres. 

“Pilpres (yang dilaksanakan) serentak dengan Pileg tentunya tidak sesederhana yang dibayangkan. Oleh karena itu kami harus bekerja keras, sungguh-sungguh, serius dan caleg juga harus rajin turun ke lapangan bertemu masyarakat dan kreatif,” kata Agus di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11). 

Agus mengimbau agar para caleg Partai Demokrat rajin menyapa seluruh elemen masyarakat agar target minimal seperti perolehan suara 2014 silam dapat terpenuhi. Namun demikian, pihaknya pun memiliki target lebih dari itu, yakni bisa mencapai 15%.

“Tetapi kami punya ikhtiar lebih lagi, agar (Pileg mendatang) bisa meraih suara sampai dengan 15 persen,” ujarnya. 

Untuk meraih target tersebut, Agus merasa perlu memberi pembekalan kepada caleg Partai Demokrat untuk bisa meraih kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024. Pembekalan tersebut dilakukan agar seluruh caleg siap untuk bertarung. 

“Siap untuk berkompetisi dengan secara sehat, sportif dan tentunya kami semua mempunyai target untuk bisa sukses menambah suara PD secara nasional," katanya 

AHY berharap, dengan adanya pembekalan itu akan semakin banyak kader Demokrat bisa duduk sebagai wakil rakyat. Tidak hanya di DPR RI, tetapi juga DPRD provinsi, kabupaten/kota.
 
Sementara Sekretaris Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, mengatakan dalam pembekalan caleg kali ini Partai Demokrat turut mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

Selain itu, juga turut mengundang Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan  lembaga lain yang berkaitan dengan proses-proses pencalegan.


Berita Terkait