sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Respons Gerindra soal Jokowi menjadi rakyat biasa

Dasco menyebut, tidak ada batasan dalam undang-undang yang mengatur aktivitas mantan presiden.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 15 Nov 2022 18:33 WIB
Respons Gerindra soal Jokowi menjadi rakyat biasa

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai lepas jabatan sebagai Kepala Negara tahun 2024. Jokowi sebelumnya mengaku akan balik ke Solo, Jawa Tengah dan menjadi rakyat biasa.

Menurut Wakil Ketua DPR itu, rencana kegiatan presiden setelah pensiun tidak diatur oleh undang-undang. Oleh sebab itu, kata Dasco, Jokowi bebas memilih kegiatannya.

"Tidak ada juga batasan-batasan di dalam undang-undang yang mengatur bahwa presiden yang sudah selesai masa jabatan itu kemudian tidak boleh beraktivitas selain di bidang lingkungan misalnya," ujar Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11).

Menurut Dasco, Jokowi memiliki hak untuk menentukan rencana pribadinya usai tak menjabat sebagai presiden nantinya. Dasco pun mengapresiasi keputusan Jokowi tersebut dan menyebutnya sebagai hal yang baik.

"Ya, kita apresiasi Pak Jokowi sudah mempunyai rencana pribadi untuk setelah 2024. Namun apakah itu kita lihat perkembangan keadaan dan situasi 2024 tentunya, kan gitu," katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengungkapkan akan kembali ke Solo sebagai warga biasa setelah masa jabatannya berakhir pada 2024. 

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo, sebagai rakyat biasa," kata Jokowi dalam wawancara bersama The Economist, dikutip dari tayangan YouTube The Economist.

Jokowi menyampaikan, setelah tak lagi menjabat, dirinya akan aktif di sektor lingkungan hidup dan menjadi bagian dari Indonesia yang lebih hijau. 

Sponsored

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," ucapnya.

Berita Lainnya
×
tekid