sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tugas utama Riza Patria saat ini, bantu Anies melawan Covid-19

Terpilihnya Riza diharapkan bisa meringankan kerja-kerja Anies dalam membangun dan menyelamatkan kota Jakarta.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 08 Apr 2020 05:28 WIB
Tugas utama Riza Patria saat ini, bantu Anies melawan Covid-19

DPRD DKI Jakarta resmi memilih Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, pengganti Sandiaga Salahuddin Uno. Kader Partai Gerindra tersebut berhasil mengalahkan pesaing tunggalnya, yang merupakan politikus PKS, Nurmansjah Lubis.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, berharap Riza dapat menjalankan amanah dengan baik.

"DPP menyampaikan kepada Riza Patria supaya segera setelah dilantik, dapat bahu membahu bersama Gubernur untuk menyelamatkan Jakarta, serta membangun Jakarta," kata Dasco kepada wartawan, Selasa (7/4).

Dalam situasi seperti ini, posisi Wagub memang sangat dibutuhkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Oleh sebab itu, terpilihnya Riza diharapkan bisa meringankan kerja-kerja Anies dalam membangun dan menyelamatkan kota Jakarta.

Konteks menyelamatkan yang dimaksud, misalnya dalam menghadapi Covid-19 yang semakin mewabah di Indonesia, khususnya ibu kota. Anies tidak bisa sendirian saja menghadapi situasi yang tidak biasa seperti saat ini.

"Diperlukan wakil untuk mem-back up di lapangan," terang Dasco.

Sebagai contoh konkret, keberadaan sosok Riza sebagai wakil bisa membantu Pemprov DKI dalam mewakili komunikasi kepada pusat saat Anies tengah melakukan kerja lain. Sosok Riza juga bisa membantu Anies untuk lebih mengoptimalkan komunikasi ke masyarakat agar tercipta ketenangan di akar rumput.

"Wakil gubernur yang juga bisa memikirkan relokasi anggaran dan bagaimana anggaran itu sampai ketika PSBB diberlakukan," sambungnya.

Sponsored

Sementara berdasarkan pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada situs https://elhkpn.kpk.go.id, Riza terakhir melaporkan kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 27 Februari 2020 atas kekayaan yang diperolehnya selama 2019 dengan jabatan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra.

Harta Riza terdiri dari dua tanah dan bangunan serta dua tanah senilai Rp17,2 miliar yang terletak di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Tangerang.

Ia juga tercatat memiliki tiga kendaraan roda empat senilai Rp805 juta terdiri dari Toyota Vellfire, Honda Freed, dan Toyota Kijang Innova.

Riza memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp283.237.600, kas dan setara kas Rp436.891.728, dan harta lainnya Rp330 juta.

Dia tercatat tidak memiliki utang, sehingga total kekayaannya mencapai Rp19.055.129.328. (Ant)

Berita Lainnya