BI turunkan tingkat suku bunga acuan menjadi 3,5%

RDG tersebut juga memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 2,75%.

Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto Antara/dokumentasi

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang dilaksanakan pada 17-18 Februari 2021, memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI 7 days repo rate ratio sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,5%.

Tak hanya itu, RDG tersebut juga memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 2,75%, serta menurunkan suku bunga lending facility sebesar 25 bps menjadi 4,25%. 

Gubernur BI Perry Warjiyo Perry menuturkan, penurunan tingkat suku bunga acuan dan juga suku bunga deposit facility, serta suku bunga lending facility tersebut sejalan dengan perkiraan inflasi yang terjaga rendah dan stabilitas nilai tukar rupiah yang tetap terjaga.

"Keputusan ini konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai tukar rupiah yang terjaga," katanya dalam keterangan pers virtual, Kamis (18/2).

Dia pun mengungkapkan, penurunan tingkat suku bunga acuan BI ini merupakan langkah yang dilakukan BI di sisi moneter dalam upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.