Indonesia tambah impor daging kerbau dan gula dari India?

Kabar peningkatan kuota impor daging kerbau, gula, dan suku cadang dari India ini datang di tengah cekcok New Delhi dan Kuala Lumpur.

Ilustrasi impor / Pixabay

Indonesia telah sepakat untuk meningkatkan impor daging kerbau, gula, dan suku cadang otomotif India setelah India membeli lebih banyak minyak sawit Indonesia di tengah cekcok dengan Malaysia. Hal tersebut diungkap dua sumber di pemerintahan India kepada Reuters, Jumat (24/1).

Malaysia dan Indonesia memproduksi 85% minyak sawit dunia, sementara India merupakan pembeli minyak nabati terbesar.

India secara efektif menghentikan impor minyak sawit dari Malaysia sejak Januari. Langkah itu disebut sebagai respons atas pernyataan Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang menuding pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi mendiskriminasi umat muslim.

Indonesia, penghasil dan pengekspor minyak sawit terbesar di dunia, dinilai merupakan penerima manfaat terbesar dari perselisihan India dengan Malaysia. Indonesia dilaporkan telah menjual minyak sawitnya dengan harga premium.

Menteri Perdagangan India dan Indonesia, yang ingin menggandakan nilai perdagangan bilateral menjadi US$50 miliar pada 2025, dilaporkan bertatap muka pada Kamis (23/1), di sela-sela KTT Davos dan sepakat untuk mempercepat prosesnya.