Peluang industri makanan setelah Cheetos dkk hilang di pasaran

Merek snack asing bisa tergantikan oleh produk snack lokal maupun panganan buatan UMKM.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Tiga merek snack terkenal, Lays, Cheetos dan Doritos bakal hilang di pasaran. Ketiga camilan keripik ini dikabarkan tak lagi berproduksi di Indonesia mulai Agustus 2021 hingga tiga tahun ke depan.

Bagi Wardhani (30), makanan ringan bermerek Cheetos bukan hanya sekadar keripik jagung renyah. Camilan gurih dengan aneka varian mulai dari jagung bakar hingga BBQ steak ini, telah membersamainya sejak masa kecil. 

Menurut perempuan asal Semarang, Jawa Tengah ini, jenama Cheetos memiliki kenangan tersendiri di tiap fase kehidupannya. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. 

"Dulu pas kecil, mama suka bikin games yang hadiahnya Cheetos, selalu excited. Terus makin gede, ya kalau belanja kemana pun, pasti langsung nyari Cheetos," ujar Wardhani saat berbincang dengan Alinea.id, di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (20/2).

Karena kecintaannya itu, Wardhani hampir tiap pekan selalu menyetok Cheetos untuk menemani berbagai aktivitasnya. Mulai dari aktivitas nonton, mengerjakan deadline pekerjaan hingga momen bersantai bersama teman.