Risiko diabetes anak dalam sekotak susu berperisa

Kandungan gula pada susu dalam kemasan mencapai 30% hingga 50% dari rekomendasi maksimal konsumsi gula tambahan harian Kemenkes.

Ilustrasi susu dalam kemasan. Foto Unsplash.

Dewi S. selalu menstok sekardus, dua kardus susu Ultra Mimi Kids untuk putra ketiganya, Radin. Stok susu kotak tersebut hanya cukup untuk jangka waktu dua minggu hingga sebulan.

Sejak masuk Taman Kanak-Kanak (TK), putranya yang kini duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD) itu sudah tak mau lagi meminum susu formula yang setia dikonsumsinya sejak bayi.

“Katanya dia (Radin) udah bukan bayi lagi. Makanya enggak mau minum sufor (susu formula) pakai dot,” kisah ibu 44 tahun itu kepada Alinea.id, Minggu (3/3).

Namun, sebagai gantinya, Radin meminta dibelikan susu kotak UHT (ultra high-temperature). Permintaannya itu bermula ketika bocah berumur 9 tahun itu pertama kali mencoba susu Ultra Mimi Kids rasa stroberi.

Katanya, ketimbang susu formula yang biasa dia minum, susu kotak lebih enak, ada rasanya plus lebih manis. Kini, Radin setidaknya meminum sekotak atau dua kotak susu Ultra Mimi Kids dalam sehari.