SiLPA pemprov masih tinggi, Mendagri mengaku kecolongan

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan APBD 2018 yang dilakukan Mendagri, SiLPA di 34 provinsi masih sebesar Rp20 triliunan

Mendagri Tjahjo Kumolo./AntaraFoto

Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Provinsi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi se-Indonesia Tahun Anggaran 2018 menunjukan angka yang besar. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan APBD 2018 yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), SiLPA di 34 provinsi masih sebesar Rp20 triliunan. 

Itulah sebabnya Mendagri Tjahjo Kumolo merasa kecolongan dikarenakan tidak melakukan pengawasan APBD 2018. Oleh karena itu, mulai pada tahun ini, Kemendagri melakukan pengawasan dan pendampingan agar APBD bisa terserap dengan baik. 

"Ke depan harus dikonkretkan outputnya, antara perencanaan penganggaran, dan memastikan program berjalan, supaya tidak ada SiLPA," ujar Tjahjo di kompleks DPR, Kamis (20/6).

Berikut rincian SiLPA yang terbilang besar di beberapa provinsi, berdasarkan laporan Kemendagri. 

SiLPA di Provinsi DKI Jakarta  sebesar Rp12,71 triliun. Kemudian Provinsi Jawa Barat terdapat SiLPA sebesar Rp2,25 triliun, Provinsi Aceh sebesar Rp1,65 triliun, Provinsi Jawa Timur Rp1,52 triliun.