RI jadi anggota Dewan HAM PBB, anggota DPR: Cegah pelanggaran HAM di Palestina

Ketika Indonesia terpilih menjadi Anggora Dewan HAM PBB pelanggaran HAM Israel terhadap Palestina sedang berlangsung.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. Foto: Runi/nr/dpr.go.id

Indonesia kembali terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB dari Kelompok Asia Pasifik (APG) periode 2024-2026 dengan perolehan suara signifikan dan mayoritas negara anggota PBB.

Dalam keterangan resminya, Kementerian Luar Negeri menyebutkan, prioritas Indonesia kali ini adalah meningkatkan kapasitas global dalam perlindungan HAM, meningkatkan intensitas Dialog HAM di tingkat global dan regional, memperkuat kembali implementasi nilai-nilai universal hak asasi manusia.

Dengan kemitraan yang inklusif, Indonesia akan mendorong promosi kesetaraan gender, perlindungan hak anak dan perempuan, dan hak atas kesehatan dan pembangunan.

Terkait itu, anggota Komisi I DPR Sukamta menilai, terpilihnya Indonesia menjadi Anggota Dewan HAM PBB memberikan tanggung jawab dan komitmen untuk menjunjung tinggi penegakan HAM di dalam negara Indonesia dan di dunia internasional

“Posisi strategis ini harus dimaksimalkan dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah HAM di dunia,” terangnya seperti dilansir di laman resmi DPR, Minggu (13/10)