Citra satelit tunjukkan pergerakan kapal mewah Kim Jong-un

Spekulasi tentang kesehatan dan keberadaan Kim Jong-un merebak setelah ketidakhadirannya pada peringatan HUT Kim Il-sung.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat pada foto tanpa tanggal yang disiarkan Agensi Berita Sentral Korea (KCNA) pada Senin (9/3). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Citra satelit menunjukkan pergerakan kapal-kapal mewah, yang sering digunakan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan rombongannya di dekat Wonsan. Menurut ahli, hal itu memberi indikasi lebih lanjut bahwa Kim Jong-un memang berada di resort pantai itu.

Spekulasi tentang kesehatan dan keberadaan Kim Jong-un merebak setelah ketidakhadirannya, yang belum pernah terjadi sebelumnya, pada peringatan HUT Kim Il-sung, kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, pada 15 April.

Pada Selasa (28/4), situs web pemantau Korea Utara NK Pro melaporkan citra satelit komersial yang menunjukkan kapal-kapal yang sering digunakan Kim Jong-un membuat pergerakan dengan pola yang mengisyaratkan bahwa dia atau rombongannya mungkin berada di wilayah Wonsan.

Pekan lalu, situs web pemantau Korea Utara yang berbasis di Amerika Serikat, 38 North, melaporkan citra satelit yang menunjukkan apa yang diyakini sebagai kereta pribadi Kim Jong-un terparkir di sebuah stasiun di kompleks resort di Wonsan.

Para pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat menuturkan bahwa masuk akal Kim Jong-un tinggal di Wonsan, mungkin untuk menghindari paparan coronavirus jenis baru. Mereka skeptis atas laporan yang menyebutkan, kesehatan Kim Jong-un dalam kondisi serius.