Kim Jong-un awasi uji coba peluncur roket

Pernyataan ini dirilis sehari setelah Korea Selatan mendeteksi peluncuran dua proyektil tidak teridentifikasi pada Selasa.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tersenyum saat memimpin uji misil di lokasi tidak disebutkan di Korea Utara, pada gambar tanpa tanggal oleh KCNA, Rabu (7/8). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Pada Rabu (11/9), kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong-un mengawasi uji coba peluncur roket multipel super besar pada Selasa (10/9). Menurut KCNA terjadi dua putaran penembakan.

Pernyataan ini dirilis sehari setelah pejabat Korea Selatan mendeteksi peluncuran dua proyektil tidak teridentifikasi pada Selasa.

Dua proyektil jarak pendek ditembakkan beberapa jam setelah Korea Utara menyatakan kesediaan untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat pada akhir September.

Menurut Korea Selatan, proyektil itu diluncurkan dari Provinsi Pyongan Selatan dan mendarat di lepas pantai timur Korea Utara.

Kim Jong-un, yang pernah memandu uji coba serupa sebelumnya, mengatakan bahwa kemampuan senjata itu telah terverifikasi dalam operasi tempur. KCNA tidak mengurai lebih jauh mengenai uji coba tersebut.