Kim Jong-un muncul, Trump: Saya senang dia kembali

Keaslian foto-foto Kim Jong-un yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA, tidak dapat diverifikasi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk bersama adik perempuannya Kim Yo-jong di sebuah wilayah di bagian utara Pyonyang. Foto disiarkan oleh KCNA, Sabtu (2/5). ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Sabtu (2/5) menyambut baik kemunculan kembali pemimpin Korea Utara Kim Jong-un setelah berhari-hari spekulasi tentang kesehatannya. 

Pada Sabtu, media Korea Utara melaporkan bahwa Kim Jong-un memotong pita dalam sebuah upacara pada Jumat (1/5), untuk menandai rampungnya pembangunan sebuah pabrik pupuk.

Meski demikian, tidak disebutkan keberadaan Kim Jong-un sejak terakhir kali dia memimpin sebuah rapat pada 11 April, yang kemudian memicu spekulasi bahwa dia sakit parah.

Dalam foto-foto yang baru dilansir, Kim Jong-un tampak tersenyum dan berbincang dengan sejumlah pembantunya, merokok, serta juga melakukan tur pabrik. Keaslian foto tidak dapat diverifikasi.

Sumber pemerintah AS yang akrab dengan pelaporan intelijen menuturkan bahwa Washington sangat percaya Kim Jong-un masih hidup, tetapi belum dapat mengonfirmasi bahwa foto-foto tersebut diambil pada Jumat atau menjelaskan mengapa sang pemimpin tidak terlihat selama berminggu-minggu.