Pesan Natal Ratu Elizabeth soroti tema rekonsiliasi

Ratu Elizabeth mengakui bahwa 2019 adalah tahun yang sulit dengan jalan yang tidak selalu mulus.

Ratu Elizabeth II berpose setelah merekam ucapan Hari Natal di Kastel Windsor, Inggris. ANTARA FOTO/Steve Parsons/Pool via REUTERS

Ratu Elizabeth II menyoroti isu lingkungan hidup dan rekonsiliasi di Inggris yang dilanda perpecahan akibat Brexit dalam pidato Natal yang disiarkan pada Rabu (25/12).

Bertepatan dengan peringatan ke-75 tahun Invasi Normandia selama Perang Dunia II, ratu berusia 93 tahun itu menyerukan semangat rekonsiliasi dalam negeri.

"Mereka yang sebelumnya adalah musuh bebuyutan menjadi satu," kata dia. "Rekonsiliasi semacam itu tidak dapat terjadi dalam semalam. Dibutuhkan kesabaran untuk membangun kembali kepercayaan."

Ratu Elizabeth juga mengatakan bahwa meskipun tantangan yang dihadapi saat ini berbeda dengan yang ada pada generasinya, dia kagum oleh bagaimana generasi muda memiliki tujuan yang sama untuk isu-isu perlindungan lingkungan dan iklim.

Dalam pidato yang direkam di Kastel Windsor, Elizabeth juga mengungkap kegembiraannya dalam menyambut cicit kedelapannya yakni anak pertama dari Duke and Duchess of Sussex, Archie Mountbatten-Windsor.