Kenapa kita suka cerita horor?

“Saya rasa saya belum pernah bertemu dengan seseorang yang tidak menikmati ketakutan rekreasional,” katanya.

Foto: Pixabay

Sebagian besar orang tidak ingin menghadapi ketakutan nyata terhadap hal gaib atau yang disebut 'hantu' di kehidupan nyata. Namun, kenapa orang justru menyukai cerita horor? dan bahkan menjadi seperti kecanduan untuk menikmatinya.

Ternyata fenomena seperti itu dikenal dengan istilah “Paradoks horor”. Itu adalah rasa takut, yang dalam situasi yang tepat, bisa menjadi hal yang menyenangkan. Dan rasa takut yang bersifat rekreasional, demikian sebutannya, juga dapat bermanfaat bagi kita.

Bersenang-senang dengan rasa takut adalah “alat pembelajaran yang sangat penting,” kata Mathias Clasen, direktur Recreational Fear Lab di Aarhus University di Denmark. “Kita belajar sesuatu tentang bahaya yang ada di dunia. Kita belajar sesuatu tentang tanggapan kita sendiri: Bagaimana rasanya takut? Seberapa besar rasa takut yang dapat saya tanggung?”

Film horor menjadi lebih populer. Dan dalam sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 orang Amerika, yang dilakukan oleh Clasen, 55 persen menggambarkan diri mereka sebagai penggemar horor. Namun, horor bukanlah satu-satunya genre yang dianggap menakutkan dan menyenangkan, katanya.

Banyak orang yang tidak menganggap diri mereka penggemar rasa takut menikmati podcast dan novel kriminal yang menampilkan kekerasan dan pembunuhan. Orang lain mungkin menyukai film dokumenter alam tentang predator puncak seperti hiu dan beruang.