Riset: Kurang tidur bikin kita "menua" hingga 10 tahun

Orang yang tidur nyenyak dan cukup setiap harinya merasa lebih muda sekitar 4,4 tahun ketimbang usia asli mereka.

Ilustrasi tidur. /Foto Pexels/SHVETS Production

Tidur yang cukup ternyata bisa bikin seseorang merasa awet muda. Riset yang digelar peneliti di Universitas Stockholm menemukan kekurangan tidur membuat seseorang merasa menua dengan cepat, baik secara fisik maupun mental.

"Tidur punya peranan kausal yang mempengaruhi seberapa tua seseorang merasa. Kekurangan tidur menyebabkan perasaan ngantuk yang juga berpengaruh terhadap motivasi bekerja," kata Leonie Balter, peneliti di Departemen Psikologi Universitas Stockholm.

Balter menggelar riset bersama koleganya, John Axelsson, seorang ahli neurosains dari Karolinska Institutet. Hasil riset telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (27/3) lalu. 

Penelitian digelar dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama, Balter dan Aleksson melibatkan 429 partisipan berusia 18-70 tahun. Mereka ditanyai usia, kebiasaan tidur, dan seberapa mengantuk mereka jika kekurangan tidur. Hasilnya, mereka yang tidur tidak teratur lazimnya merasa lebih tua sekitar 0,23 tahun.

Pada tahap kedua, para peneliti menggelar eksperimen terhadap 186 peserta yang berusia 18 hingga 46 tahun. Peserta diminta untuk mengurangi waktu tidur selama dua malam dalam sepekan, dari 9 jam menjadi hanya 4 jam.