Stalker: Perilaku penguntit yang menyebalkan

Riset dalam Journal of Interpersonal Violence pada 2023 menyebut, 91% korban stalking mengalami dampak psikologis.

Ilustrasi stalker./Foto Geralt/Pixabay.com

Pada Selasa (31/10) aktris, model, dan selebritas internet Anya Geraldine membagikan pengalaman yang tak menyenangkan di Instagram Story-nya. Ia mengungkapkan, selama sepekan terakhir, diikuti orang tak dikenal. Bahkan hingga ke apartemennya.

Sang penguntit atau stalker juga mengganggu Anya dengan pesan-pesan lewat media sosial. Dalam video singkat itu, Anya mengatakan, ia tak nyaman dengan orang misterius tersebut. Dari isi pesannya, tampak si stalker sangat terobsesi dengan Anya.

Penguntit itu juga sampai-sampai ada di bawah apartemennya, selama seminggu terakhir. Menurut Anya, perbuatan sang stalker sudah membuatnya risih. Ia tak menyalahkan orang mengidolakan dirinya, tetapi Anya merasa risih jika ada fan yang terlalu berlebihan. Ia mengaku butuh privasi sebagai seorang manusia biasa.

Perilaku stalking tak cuma dialami Anya. Selebritas dan tokoh publik dunia bahkan banyak yang mengalami hal yang lebih gila dari apa yang Anya alami.

Contohnya, seperti ditulis Sara Brady dalam situs Your Tango, adalah John Hinckley, yang terobsesi dengan aktris Jodie Foster usai menonton film Taxi Driver pada 1976. Selama Jodie berkuliah di Yale University, Hinckley mengikutinya ke New Haven dan menaruh catatan di bawah pintunya. Alih-alih ingin mencari perhatian Foster, ia melakukan perbuatan kriminal berat.